Diikuti 1480 Altet, Pelaksanaan Porkab Balangan ke-4 Sukses Digelar

0

DIGELAR selama satu minggu penuh, Pekan Olahraga Kabupaten Balangan (Porkab) ke-4 tahun 2019 yang melibatkan sebanyak 1480 atlet sukses berjalan. Ajang olahraga tingkat kabupaten yang dilaksanakan KONI Kabupaten Balangan ini, mempertandingkan 17 dari 25 cabang olahraga yang ada.

SETELAH saling berjuang, dengan total raihan 58 medali dengan rincian 17 medali emas, 15 perak dan 26 perunggu akhirnya menghantarkan Kecamatan Paringin Selatan menjadi juara umum.

Sedangkan juara II diraih Kecamatan Batumandi dengan perolehan 14 medali emas, 13 medali perak, dan 28 medali perunggu.

BACA: Jadi Agenda Rutin, Pekan Olahraga Kabupaten Balangan Resmi Digelar

“Kecamatan Paringin juara ketiga dengan perolehan 13 medali emas, 12 medali perak, 23 medali perunggu dengan jumlah 48 medali,” ujar Ketua pelaksana Forkab IV Balangan Burhan, Senin (4/11/2019) saat penutupan Forkab di lapangan Martasura Paringin.

Sedangkan untuk Kecamatan Juai, kata Burhan, diposisi ke empat, dilanjutkan Kecamatan Lampihong, Kecamatan Halong, Kecamatan Tebing Tinggi, dan diposisi terkhir ditempati  Kecamatan Awayan.

Sebelumnya, menurut Ketua KONI Kabupaten Balangan, H Duas mengatakan ke-15 Cabor yang ikut Porkab ini diantaranya Dayung, Futsal, Sepak Takraw, Bulutangkis, Tenis Meja, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Basket, Voli, Catur, Panahan, Sepakbola, Biliar dan Atletik.

Diungkapkan Duas, penyelenggaraan Porkab ini salah satunya untuk menjaring atlet-atlet lokal yang berpotensi, untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel di Hulu Sungai Selatan nanti. “Kita tentunya tidak mau lagi berada di juru kunci pada Porprov. Kami akan berupaya mendongkrak peringkat dengan mengandalkan atlet lokal,” tegasnya.

BACA JUGA: Bupati Balangan Luncurkan Program Geram BBR 

Pelaksanaan Porkab sendiri, tambah Duas,  mmerupakan bagian dari persiapan Porprov Kalsel, juga sebagai sarana pembinaan, mewujudkan karya nyata untuk mengangkat harkat martabat dunia olahraga Balangan.

“Untuk mencapai harapan tersebut, tekad dan organisasi saja tidak akan cukup apabila sarana penunjang dan untuk pembinaan sangat minim,’’ tegasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap, Pemkab Balangan dan seluruh pihak dapat kiranya merealisasikan faktor pendukung tersebut demi kemajuan  olahraga di Kabupaten Balangan.

Menanggapi hal itu,  Bupati Balangan Ansharuddin  mengatakan, pengembangan olahraga di Kabupaten Balangan menjadi salah satu prioritas pembangunan yang dijalankan Pemkab Balangan. “Pengembangan Olahraga menjadi bagian dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi visi misi kami,’’ tegasnya.

Lebih lanjut, Ansharuddin mengatakan, pihaknya sudah merencanakan untuk membangun pusat olahraga atau sport center yang akan menyediakan beberapa sarana olahraga secara bertahap, dan peletakan batu pertamanya akan dilakukan dalam waktu dekat.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.