Langkah Denny Indrayana Berlaga di Pilgub Kalsel Patut Ditiru Tokoh Banua

0

MANUVER politik Denny Indrayana dalam percaturan politik Banua cukup mengejutkan. Mitos tak ada tokoh yang berani menantang calon petahana, Gubernur Sahbirin Noor dalam Pilkada Kalsel 2020 mendatang, akhirnya terpecahkan.

PENASIHAT LSM Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kalimantan Selatan Dr Akhmad Murjani menilai majunya pakar hukum tata negara asal Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu patut ditiru.

“Dengan banyaknya calon gubernur dan wakil gubernur yang bertarung di Pilgub Kalsel 2020, tentu bagus untuk pendidikan politik di Banua. Apalagi, sekarang mulai bermunculan calon penantang petahana Paman Birin (Gubernur Sahbirin Noor),” ucap Akhmad Murjani kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Sabtu (2/11/2019).

Bagi Murjani, keberanian Denny Indrayana mendongkrak kekakuan politik di Kalsel, usai nama H Muhidin dan anggota DPR RI Pangeran Khairul Saleh tak mencuat lagi di tataran publik, patut diapresiasi.

BACA : Cukup di Golkar, Bupati HSU Wahid Optimistis Bisa Dampingi Paman Birin

“Dengan mendekati sejumlah parpol untuk jadi pengusung, tentu kans Denny Indrayana bisa berlaga di pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel akan terbuka. Ini akan menjadi sebuah pesta demokrasi yang mencerdaskan bagi masyarakat Kalsel,” kata Murjani.

Pria yang juga aktif sebagai Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Kalsel ini mengatakan masyarakat Kalsel harus berani keluar dari zona takut  kalah ketika bertarung di pemilihan orang nomor satu di Bumi Antasari ini.

“Bismillah saja, sudah saatnya tokoh-tokoh Banua baik yang berkiprah di lokal hingga nasional untuk pulang kampung membangun Kalsel. Segera buka diri dan ikuti langkah Denny Indrayana,” kata akademisi dari STIKES Cahaya Bangsa ini.

Menurut Murjani, masuknya bursa calon seperti mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kalsel Martinus juga memberi angin segar bagi para mantan birokrat untuk merambah dunia politik.

BACA JUGA : Dua Noor Terwujud? Kans Rosehan Berduet dengan Paman Birin Menguat

Murjani pun memprediksi jika nantinya kongsi politik Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan Nasdem terbentuk, bisa menjadi poros lawan yang tangguh dari kekuatan Partai Golkar yang memastikan diri mengusung sang incumbent, Paman Birin.

“Ya, memang ada skema berkembang Denny Indrayana bakal berduet dengan anggota DPD RI Habib Abdurrahman Bahasyim (Habib Banua). Namun, nama Martinus juga patut diperhitungkan dalam bursa bakal calon gubernur atau wakil gubernur, apalagi bisa mendampingi Denny Indrayana,” cetus Murjani.

BACA LAGI : Sebut Pulang Kampung, H Abidin Ajak Parpol Lain Usung Denny Indrayana

Menariknya untuk memperkenalkan diri ke khalayak ramai di Kalsel, Denny Indrayana pun melakoni aksi blusukan ke berbagai daerah. Advokat muda, Ryan Firmansyah turut mendampingi kegiatan Denny Indrayana untuk menyapa warga Kalsel, seperti di Kabupaten Tapin, seperti di Margasari dan Sungai Puting, beberapa waktu lalu.

Denny Indrayana pun kabarnya sudah membentuk tim pemenangan untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan di Kalsel. Baik maju melalui usungan koalisi parpol maupun jalur independen.(jejakrekam)

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.