Desain Proyek Rampung, Jembatan Pulau Bromo Dibangun Tahun 2020

0

PEMBANGUNAN Jembatan Pulau Bromo di Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, perlahan-lahan terus diwujudkan Pemkot Banjarmasin. Pada Selasa (8/10/2019) kembali digelar rapat lanjutan untuk membeberkan sejauh mana proyek ini dieksekusi Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin selaku penanggung jawab pekerjaan.

DALAM rapat ekspose di hadapan sejumlah stakeholder, Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Arifin Noor, menyebut pengerjaan tetap memakai desain jembatan gantung. Akses penyeberangan daratan terujung di Kota Banjarmasin ini akan dibangun sepanjang 100 meter dengan lebar 1,64 meter.

“Diujung jembatan akan ada ruang terbuka hijau (RTH) nya,” ujar Arifin di hadapan awak media seusai rapat ekspose Laporan Antara Detail Enginering Design (DED) di Balai Kota Banjarmasin.

BACA: Jembatan Gantung Pulau Bromo Segera Dibangun

Arifin menambahkan, konsep RTH yang digagas dalam desain Jembatan Pulau Bromo akan dikemas secara berbeda. Selain dibuat untuk mempercantik akses penyebrangan, RTH ini juga bisa digunakan sebagai tempat bersantai dilengkapi parkir sepeda motor.

“(Rapat ekspose) ini finalisasi DED. Mudahan, kita harapkan di akhir Oktober finalisasi sudah rampung,” kata dia. Dengan target merampungkan DED pada Oktober 2019 mendatang, Arifin menaruh harapan proses lelang fisik jembatan sudah bisa dimulai awal 2020.

Sekadar diketahui, melalui pembangunan fasilitas penyeberangan ini, Pemerintah Kota Banjarmasin tidak hanya sekadar ingin memberikan perhatian bagi kesejahteraan warga Pulau Bromo namun juga untuk membuka potensi pariwisata yang ada. Sebab, keindahan alam di daratan terujung di kota ini dinilai sangat potensial untuk dijadikan objek wisata.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.