Kemarau Panjang, Warga Nagara Daha Selatan Laksanakan Shalat Istisqa

0

KEMARAU panjang ditambah dengan cuaca yang begitu panas di tengah serbuan kabut asap, satu-satunya permohonan agar diturunkan hujan hanya kepada Allah SWT. Warga Nagara Daha Selatan pun berkumpul bersama para alim ulama dan tokoh masyarakat untuk menggelar shalat Istisqa.

SHALAT minta hujan ini berlangsung di halaman Mapolsek Daha Selatan, Jumat (20/9/2019), usai shalat Jumat. Shalat sunnah dua rakaat ini pun diimami Guru Hasan dan sebagai khatib, H Zainal Ilmi yang juga dihadiri Plh Kapolsek Daha Selatan, Ipda Syarifuddin.

Tampak pula, Camat Daha Selatan dan Kepala Seksi Tibum Kecamatan Daha Selatan serta seluruh personel Polsek Daha Selatan membaur bersama masyarakat mengikuti shalat Istisqa. Sekitar 100 jamaah melaksanakan shalat yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, ketika kemarau panjang dan hujan belum juga turun.

BACA : Perbanyak Istighfar, Umat Islam di Banjarmasin Gelar Shalat Istisqa

Dalam khotbahnya, H Zainal Ilmi mengingatkan dalam berkumpul dan berhimpun dalam pelaksanaan shalat Istisqa hanya satu tujuan dan harapan yakni meminta diturunkan hujan.

“Dengan kejadian ini, kita harus bisa mengoreksi diri kita. Apabila kita berkata dan melakukan kesalahan yang selalu ada, namun kita tidak menyadarinya,” ucap ulama terkemuka di Daha Selatan ini.

BACA JUGA : Karhutla Berkepanjangan, MUI-Kemenag Kalsel Serukan Shalat Hajat

Ia mengajak ketika Allah SWT memberikan musibah agar hamba tersebut membawa kebaikan dalam hidupnya. Menurut dia, sudah saatnya untuk memperbaiki diri dengan menjauhi segala perbuatan dosa dan perbanyak silaturahmi antar sesama. “Kita mohon agar rahmat Allah turun, namun sebelumnya kita meminta ampun terlebih dulu,” ucapnya.

Sementara itu, Plh Kapolsek Daha Selatan Ipda Syarifuddin berharap dengan digelarnya shalat Istisqa bisa menjadi wahana bagi masyarakat untuk saling mengingatkan dan memperbaiki diri.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.