Sambangi PDI-P Balangan, Abdul Hadi Mendaftar Menjadi Calon Peserta Pilkada

0

ABDUL Hadi yang merupakan Wakil Ketua DPRD Balangan menyambangi Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Balangan, Kamis (19/9/2019) guna mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada Balangan 2020 mendatang.

ABDUL Hadi menyampaikan, PDI Perjuangan menjadi parpol pertama yang ia datangi untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Balangan nanti. “Karena PDI P telah membuka pendaftaran, maka saya langsung mendaftar,” ujar Abdul Hadi yang juga merupakan Ketua DPC PPP Balangan ini. Ke depan menurut Abdul Hadi, dirinya juga akan mendaftarkan diri ke partai lain, jika pendaftaran telah dibuka.

Disinggung apakah akan berpasangan dengan H Syaifullah pada Pilkada mendatang, mantan Ketua DPRD kabupaten Balangan ini menjawab secara politis, sebab semua berjalan dinamis terlebih pelaksanaan pilkada masih lama lagi.

BACA: Pilkada Balangan 2020, Ansharuddin Pilih M Noor Iswan

“Politikan berjalan dinamis, jadi semuanya bisa terjadi. Saat ini kita terus menjalin komunikasi ke semua parpol terkait pilkada nanti,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua DPC PDI perjuangan Balangan H Syaifullah mengungkapkan, jika semasa pendaftaran yang dibuka baru dua calon yang mendaftar. “Baru saya dan Abdul Hadi yang mendaftar,” ucapnya.

Masa pendaftaran di DPC PDI Perjuangan Balangan sendiri dimulai sejak 1 hingga 20 September besok. Terlepas itu, H Syaifullah yang juga Wakil Bupati Balangan menyampaikan, jika sampai saat ini belum terbentuk koalisi terkait Pilkada Balangan 2020 mendatang.

PDI Perjuangan sendiri, kata Syaifullah, tentu akan ikut serta dalam Pilkada Balangan baik itu mengusung kader sendiri maupun diluar kader. Namun terpenting, kata Syaifullah, hirarki dan ideologi  partai menjadi acuan utama dalam penentuan sikap dalam menghadapi pilkada mendatang.

BACA JUGA: Angkat Keranda Mayat, Unjuk Rasa BEM se-Kalsel Nyaris Ricuh

“Saya juga akan mendaftarkan diri ke parpol lain, kalau memang parpol mendukung kita ingin adanya koalisi besar nantinya,” tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Sekretaris DPD Nasdem Balangan, M Rizkan mengaku sampai saat ini belum ada pembicaraan untuk koalisi maupun mengusung calon sendiri pada Pilkada Balangan tahun 2020 nanti “Pendaftaran memang belum kita buka, tapi sudah ada beberapa orang yang melakukan pendekatan,” tandasnya.

Ketua DPC Demokrat Balangan, Syamsudinnoor saat ditanya arah koalisi, mengaku belum ada arahan dari pengurus partai Demokrat provinsi maupun pusat. “Kita hanya 1 kursi, rasanya tidak mungkin untuk mengusung calon sendiri. Dan, sampai sekarang pun belum ada komunikasi dengan partai lain,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Balangan Ansharuddin sudah memproklamirkan diri akan kembali maju dengan menggandeng politisi PKS, M Nor Iswan.

Sedangkan jika dilihat dari raihan kursi pada Pileg 2019 lalu, kemungkinan ada tiga pasang bakal calon yang akan meramaikan Pilkada Balangan melalui jalur partai.

Golkar yang meraih 6 kursi kemungkinan besar mengusung Ketua DPD Partai Golkar Balangan yang tidak lain adalah Ansharuddin yang sudah mengisyaratkan berkoalisi dengan PKS. Kalau PPP peraih 5 kursi juga mengusung sendiri, serta Syaifullah Wakil Bupati Balangan saat ini memutuskan maju sebagai bupati melalui PDIP yang mendapat 3 kursi, maka tersisa 9 dari 25 kursi di DPRD Balangan.

Di antara pemegang 9 kursi tersebut yaitu Nasdem dengan 3 kursi, PAN 2 kursi, Gerindra 2 kursi serta 1 kursi untuk PBB dan Demokrat. Andai berkoalisi, lima partai tersebut bisa mengusung satu calon, namun itu tampaknya tidak bakal terjadi.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.