Enam Fraksi Terbentuk, Rahmadi-Saban-Taufik Resmi Pimpin DPRD HST

0

TIGA pimpinan DPRD Hulu Sungai Tengah (HST) resmi dilantik Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Barabai Hajar Widianto dalam rapat paripurna istimewa di gedung dewan, Barabai, Kamis (19/9/2019).

MENARIKNYA, posisi Wakil Ketua DPRD HST sementara dari Golkar yang sebelumnya ditempati Johar Arifin digantikan Saban Effendi yang merupakan Ketua DPD Partai Golkar HST.

Eks Ketua DPRD HST periode 2014-2019 ini pun turut dilantik bersama Ketua DPRD periode 2019-2024, H Rahmadi Jingga dari Gerindra dan Wakil Ketua DPRD Taufik Rahman mewakili Partai Nasdem sebagai peraih kursi terbanyak ketiga.

Prosesi pelantikan berlangsung khidmat, saat dipandu Wakil Ketua PN Barabai Hajar Widianto mengucapkan sumpah janji pimpinan dewan.  Dengan kewenangan itu, pimpinan dewan bisa selanjutnya membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya.

BACA : Dibuka Saban Effendi, Diakhiri Ketua Sementara DPRD HST Rachmadi

Enam fraksi pun langsung dibentuk dengan lima fraksi penuh. Yakni, Fraksi Gerindra dengan 8 anggota dewan. Disusul, Fraksi Golkar dengan enam kursi dan Fraksi Nasdem dengan empat kursi.

Komposisi tiga anggota dewan yakni Fraksi PPP dan Fraksi PKS. Sisanya, fraksi gabungan antara Partai Berkarya, PDIP, PKPI dan PAN membentuk Fraksi Bintang Persatuan Indonesia Perjuangan.

BACA JUGA : Tunggu SK Gubernur, Ketua DPRD HST : Pemilihan Wabup Bisa Segera Dihelat

Pengumuman enam fraksi ini langsung dibacakan Ketua DPRD HST H Rahmadi usai pelantikannya. Ia menegaskan usai pembentukan fraksi-fraksi selanjutnya agenda lainnya adalah membahas tata tertib dewan.

Usai pelantikan, Bupati HST HA Chairansyah pun berharap bisa terjalin hubungan harmonis antara legislatif dan eksekutif dalam membangun tatanan masyarakat HST ke depan.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.