ACT

Dibayangi Demo, 45 Anggota DPRD Banjarmasin Siap Teken Pakta Integritas

0 223

DALAM waktu kurang lebih 24 jam, 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih hasil Pemilu 2019 bakal dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua PN Banjarmasin Sutarjo dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Banjarmasin, Senin (9/9/2019) besok.

SEKRETARIS DPRD Kota Banjarmasin Esya Zain mengungkapkan persiapan pelantikan anggota DPRD terpilih sudah 100 persen.

“Besok hari Senin, jam 10 akan mulai pelantikan anggota DPRD kota Banjarmasin terpilih periode 2019-2024 yang berjumlah 45 orang. Pelantikan juga akan dihadiri para undangan,” kata dia kepada awak media seusai gladi bersih di ruang rapat paripurna dewan, Sabtu (8/9/2019).

BACA : Bertabur Fasilitas, Usai Dilantik Anggota DPRD Banjarmasin Dapat Duit Rp 9 Juta

Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin menuturkan pada pelantikan ada tiga ormas yaitu kelompok yang mengatasnamakan warga Alalak korban kebakaran, dan dua organisasi ekstra kampus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan  Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang bakal menggelar unjuk rasa.

“Massa berncana akan menggelar orasi sekaligus menyampaikan pernyataan fakta integritas kepada anggota DPRD yasng dilantik,” ucap Esya.

Untuk mengamankan jalannya pelantikan massal, Esya menyebut sedikitnya ada 250 personel gabungan di bawah kendali Polresta Banjarmasin akan diturunkan.

“Keamanan langsung dari kepolisian sesuai koordinasi. Personel gabungan itu terdiri dari 140 aparat Polresta Banjarmasin, kemudian dari Satpol PP termasuk juga dari Dishub Kota Banjarmasin untuk mengatur lalulintas,” urai Esya.

BACA JUGA : Surati PAN-Gerindra, Sekretariat DPRD Banjarmasin Minta Dua Nama Pimpinan Sementara

Bagi dia, pihak DPRD Kota Banjarmasin menerima dengan terbuka bagi masyarakat yang menyampaikan aspirasinya. Namun, dengan cacatan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. “Itulah demokrasi, silahkan (demo) tapi akan ketentuan dari kepolisian yang mengatur disana,” ucap Esya.

Ketua DPRD Banjarmasin Hj Ananda menanggapi santai rencana ormas bakal menggelar orasi terbuka di masa pelantikan 45 anggota DPRD Banjarmasin periode 2019-2024.

“Bagus saja mengawal kinerja anggota DPRD yang baru. Yang kami terima surat pemberitahuan itu, ada tiga elemen yang menggelar demonstrasi. Yakni, KAMMI, warga Alalak yang terkena musibah kebakaran dan PMII,” ucap Srikandi Partai Golkar ini.

BACA LAGI : Tinggal Menunggu SK Gubernur, Ini Daftar 45 Anggota DPRD Banjarmasin

Ananda menuturkan 55 anggota DPRD Kota Banjarmasin yang bakal dilantik selalu siap menerima pakta integritas dari massa yang menggelar aksi. Sebab, beber dia, pakta integritas yang disodorkan merupakan tugas dan kewajiban wakil rakyat.

“Apalagi yang dilantik esok, ada 25 incumbent. Jadi, hampir lebih dari separuh yang pernah bekerja di sini. Jadi, mereka sudah tahu tugas dan kewajiban anggota dewan seperti apa,” tandas Ananda.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.