Lima Ormas Siapkan Demo Sambut Pelantikan DPRD Kalsel Senin Ini

0

PROSESI pelantikan 55 anggota DPRD Kalsel periode 2019-2024 akan dihelat pada Senin (9/9/2019) lusa. Lima organisasi kemasyarakatan (ormas) sudah menyiapkan aksi unjuk rasa menyambut pelantikan para wakil rakyat terpilih hasil Pemilu 2019 itu

SURAT pemberitahuan menggelar aksi demonstrasi telah diterima pihak Sekretariat DPRD Kalsel. Ada sejumlah aktivis LSM, masyarakat dan organisasi kemahasiswaan akan menggelar aksi unjuk rasa dan orasi di depan Rumah Banjar, Jalan Lambung Mangkurat pada Senin (9/9/2019) mendatang.

“Kami sudah antisipasi aksi demonstrasi dari lima ormas itu. Sebab, surat pemberitahuan adanya unjuk rasa sudah kami terima,” ucap Sekretaris DPRD Kaslel, AM Roziansyah kepada awak media usai memantau pelaksanaan gladi bersih 55 anggota DPRD Kalsel terpilih di ruang utama paripurna, Sabtu (7/9/2019).

Dia menyebut lima ormas itu adalah KPK-APP Kalsel, DPD Pemuda Islam Kalsel, PMII Kota Banjarmasin, Keluarga Besar Alalak dari warga Alalak Tengah serta KAMMI Banjarmasin.

BACA : Sebar 600 Personel Gabungan, Pengamanan Pelantikan DPRD Kalsel Dibagi Tiga Ring

Menurut Roziansyah, dengan adanya aksi demonstrasi itu, pihaknya tak mau ambil pusing. Sebab, kata dia, agenda pelantikan 55 anggota DPRD Kalsel terpilih sudah terjadwal serta mendapat pengawalan berlapis dari aparat gabungan Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Korem 101/Antasari serta Dinas Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel ditambah personel Dishub Kalsel.

“Nah, begitu sudah dilantik menjadi anggota dewan,  maka kewenangan untuk menyambangi masyarakat yang menggelar aksi demonstrasi menjadi kewenangan anggota DPRD Kalsel,” ucap Roziansyah.

BACA LAGI : SK Penetapan Caleg Terpilih Diserahkan, Ini Nama 55 Anggota DPRD Kalsel

Ia menegaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian yang akan menurunkan sekitar 600 personel untuk mengamankan jalannya pelantikan 55 anggota DPRD Kalsel.

Anggota DPRD Kalsel terpilih dari Partai Golkar, H Rusli mengaku tak perlu khawatir dengan adanya aksi demonstrasi di gedung dewan.

BACA JUGA : Antisipasi Demo, Pelantikan 55 Anggota DPRD Kalsel Bakal Dijaga Ketat

“Itu hal yang sudah biasa. Kami sendiri tak perlu pusing dengan hal itu. Sebab, kewajiban wakil rakyat untuk mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Nanti, kita akomodir bersama rekan yang baru di dewan, apa tuntutan mereka,” tandas mantan Ketua DPRD Banjar ini.(jejakrekam)

 

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.