Tunggu SK Gubernur, Ketua DPRD HST : Pemilihan Wabup Bisa Segera Dihelat

0

DUA nama calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) sudah masuk ke DPRD HST. Namun, masih terganjal akibat belum definitifnya pimpinan dewan dan alat kelengkapan dewan lainnya, sehingga rapat paripurna istimewa pemilihan pendamping Bupati HST HA Chairansyah belum bisa dihelat.

NAMUN, kini sudah ada titik terang, usai pimpinan DPRD HST berkonsultasi dengan Biro Pemerintahan Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, hingga bertolak menemui pejabat berwenang di Kemendagri di Jakarta.

Ada dua nama yang diusulkan tiga parpol pengusung; Partai Gerindra, PBB dan PKS yakni mantan Wakil Bupati HST Faqih Jarjani dan Sekretaris PWNU Kalsel Berry Nahdian Forqan.

Jika tak tercapai musyawarah mufakat, maka voting suara 30 anggota DPRD HST periode 2019-2024 akan jadi opsi terakhir. Ada 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD HST. Wakil parpol itu adalah Partai Gerindra 8 kursi,  Golkar 6 Kursi, Nasdem 4 Kursi,  PPP 3 kursi,  PKS 3 kursi,  PDIP 2 kursi, dan satu kursi masing-masing diduduki Partai Berkarya, PBB, PKPI dan PAN.

BACA : Belum Definitif, Ketua DPRD HST Tak Berwenang Bentuk Pansus Wakil Bupati HST

Ketua DPRD HST H Rahmadi Jingga mengungkapkan dirinya sudah diterapkan sebagai ketua dewan definitif, usai sebelumnya hanya menjabat pimpinan dewan sementara.

“Saat ini, saya tidak lagi ketua dewan sementara, tapi sudah definitif. Makanya, kami akan segera mempersiapkan rapat paripurna istimewa untuk pemilihan Wakil Bupati HST sisa masa jabatan 2016-2021,” tutur Rahmadi Jingga kepada jejakrekam.com, Kamis (5/9/2019).

Dengan kewenangan itu, Ketua DPC Partai Gerindra HST ini mengatakan dirinya bisa memimpin rapat paripurna istimewa untuk memilih satu nama dari dua nama yang diajukan tiga parpol pengusung.

“Meski saya sudah definitive sebagai Ketua DPRD HST, namun harus menunggu SK pelantikan dari Gubernur Kalsel. Nah, jika sudah ada SK pelantikan Ketua DPRD HST, maka kami akan segera menggelar pemilihan wakil bupati,” ucapnya.

BACA JUGA : DPRD HST Konsultasi ke Kemendagri Terkait Jabatan Wakil Bupati HST

Politisi Partai Gerindra ini juga mengungkapkan, penetapannya sebagai Ketua DPRD HST dilakukan dalam rapat dewan pada Rabu (4/9/2019) malam. Selain dirinya, Saban Effendi mewakili Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD HST dan Taufik Rahman  di posisi serupa dari Partai Nasdem.

“Saya berharap SK Gubernur Kalsel untuk pelantikan sebagai Ketua DPRD HST segera keluar, sehingga proses pemilihan bupati juga secepatnya bisa digelar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.