Mantan Karutan Marabahan Jabat Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel

0

PERNAH menjadi Kepala Rutan Marabahan (Karutan-red), Kabupaten Barito Kuala, periode 2001-2005, Agus Toyib akhirnya ditunjuk sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Kalsel menggantikan Ferdinand Siagian yang saat ini dirotasi sebagai Analis Keimigrasian.

SEBELUMNYA, Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Kalsel dijabat Plt, R Natanegara Kartika sejak 30 Juni 2019 hingga 28/8/2019.  Acara pisah sambut dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel, Senin (2/9/2019).

Agus Toyib sendiri sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh. Pria kelahiran 1963 itu alumi Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) atau sekarang berbentuk Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) tahun 1984.

BACA: Kemenkumham Kalsel Mediasi Dugaan Pelanggaran HAM di Desa Sungai Cuka

“Fungsi dalam tugas reguler itu tentu harus kita laksanakan dan saya  tugas Kakanwil di Kalsel ini pun Pimpinan yang menentukan,  kita sebagai bawahan harus siap dimana saja kita di tempatkan,” ucap Agus.

Terkait isu narkoba yang selama ini banyak di kendalikan dari dalam Lapas,  Agus tak menampik.  Sebab, persoalan narkoba ini dihadapi seluruh wilayah manapun karena hampir 60 % penghuni lapas itu adalah pelaku narkoba.

“Isu peredaran narkoba di Lapas akan kita lihat nanti, sebab tidak semua peredaran narkoba itu dikendalikan dari dalam Lapas,” jelasnya. Pihaknya pun mengatakan, jumlah sipir yang mereka miliki terbatas, dan tidak sebanding dengan jumlah narapidana di dalam Lapas,  itu tidak ideal sama sekali.

“Lapas kita ini over kapasitas dan ini semua dialami semua wilayah bukan di Kalsel saja,  sebab faktanya napi itu lebih banyak masuk dari pada keluar. Dan ini sudah menjadi kondisi nasional,”  bebernya.

Dalam bertugas sebagai Kakanwikkumham Kalsel, Agus meminta dukungan semua pihak, sebab  sudah banyak prestasi yang di raih Kanwil Kemenkum HAM Kalsel. “Yang baik akan kita pertahankan dan yang tidak baik akan kita tingkatkan.  Ini tentu perlu dukungan semua divisi agar bekerja lebih baik lagi,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.