Terupdate : Jumlah Sungai di Banjarmasin Terdata Hanya 174 Nama

0

ALIRAN sungai di Banjarmasin yang bermuara di tiga sungai induknya, yakni Sungai Barito, Sungai Martapura dan Sungai Alalak terus didata. Jika sebelumnya pada 2011 berhasil terdata hanya 102 sungai, kini bertambah menjadi 174 sungai.

JULUKAN kota seribu sungai pun hampir tak bisa dipenuhi, karena hanya ratusan aliran sungai yang berhasil terdata sementara oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) khususnya bidang sungai.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin Hizbul Wathony mengakui aset sungai yang berada di Banjarmasin, berdasar surat keputusan (SK) Walikota Banjarmasin pada 2011 hanya terdata 102 aliran sungai.

BACA : Menjaga Nyawa Banjarmasin Berarti Merawat Kelestarian Sungainya

“Tahun ini, kami sudah melakukan update data, hingga bisa diverifikasi kembali sungai-sungai yang ada dan belum diberi nama menjadi 174 sungai. Memang, setelah diteliti, ada beberapa yang belum terdata sehinggu perlu dimasukkan kembali,” ucap Hizbul Wathony kepada jejakrekam.com saat ditemuinya di ruang kerjanya Kantor Dinas PUPR Banjarmasin, Kamis (29/8/2019).

Untuk kategori sungai, versi Dinas PUPR Kota Banjarmasin membagi dalam tiga kategori. Yakni, sungai besar selebar 50 meter, sungai sedang dengan lebar 15 hingga 50 meter dan sungai kecil rata-rata lebarnya di bawah 15 meter.

Dijelaskan Tony, tambahan yang paling banyak ditemukan untuk kategori sungai kecil, mayoritasnya berada di Banjarmasin Selatan.

“Penambahannya sungai mayoritas berada di Banjarmasin Selatan sekitar 30 persen. Kami targetkan Desember 2019 ini, sudah diterbitkan SK Penetapan Aset Sungai tebaru oleh Walikota Banjarmasin,” ucap Tony.

BACA JUGA : Jati Diri yang Telah Terlupakan, Banjarmasin Sebenarnya Kota Seribu Kanal

Terkait penamaan sungai, Tony memastikan pihaknya melakukan koordinasi dengan Bagian Pemerintahan Setdakot Banjarmasin. Termasuk, mewawancara warga untuk memberikan gambaran dipilihnya nama sungai tersebut.

“Contohnya, Sungai Buaya itu baru saja penamaannya, dulunya Anak Sungai Andai. Memang di aset kita namanya Sungai Andai, tetapi di SK baru akan diubah menjadi Sungai Buaya. Apalagi, nama sungai itu sangat familiar di tengah warga,” pungkas Tony.(jejakrekam)

Pencarian populer:Berapa banyak sungai dibanjarmasin,https://jejakrekam com/2019/08/29/terupdate-jumlah-sungai-di-banjarmasin-terdata-hanya-174-nama/
Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.