Berbatasan Kaltim, Barito Utara Siap Menjadi Wilayah Penyangga IKN

0

BUPATI Barito Utara, Nadalsyah menanggapi rencana Pemerintah Provinsi Kalteng yang akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur. 

MENURUTNYA kawasan Barito Utara merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur. Kawasan tersebut yakni Desa Benangin di Kecamatan Teweh Timur.

Nadalsyah menuturkan dalam pembangunan yang akan direncanakan, dirinya mempunyai pandangan kawasan tersebut cocok untuk wilayah ketahanan pangan.

BACA : JATAM Kaltim: Lubang Tambang di Lokasi Ibukota Baru, Kembali Makan Korban

Pria yang akrab disapa Koyem ini berpendapat memiliki kedekatan dengan IKN, dapat meningkatkan kesejahteraan warga di Kalteng khususnya Barito Utara. Ia memiliki rancangan pembangunan salah satunya yakni peningkatan infrastruktur jalan di Desa Benangin.

“Kalau memiliki jalan alternatif menuju Kaltim melalui Desa Benangin, kita dapat memangkas jalan sepanjang 100km dibandingkan kita memutar melalui Kabupaten Barito Selatan menuju ke Kabupaten Tanjung Kalimantan Selatan.

Tentunya ini akan menghemat tenaga dan BBM warga yang menuju IKN,” kata Koyem kepada media di gedung DPRD Kalteng, Kamis (28/8/2019).

BACA JUGA: Pemindahan Ibukota ke Kukar-PPU Jangan Sampai Rusak Hutan Kalimantan

Koyem berkeyakinan Barito Utara mampu menjadi wilayah Kalteng yang menyangga IKN. Pasalnya, Barito Utara memiliki sumber daya alam yang memadai dan sumber tenaga dari gas alam di Desa Bangkanai untuk pemenuhan listrik.

“Untuk wilayah ketahanan pangan, kami kuat. Padi dan jagung kami sudah memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Intinya kami siap untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk pembangunan Kalteng menyangga IKN,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2019/08/28/berbatasan-kaltim-barito-utara-siap-menjadi-wilayah-penyangga-ikn/
Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.