Ibnu-Arifin-Calon

Kalsel Bentuk Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan

0 159

GUBERNUR Kalsel Sahbirin Noor melantik pengurus Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) atau Corporate Social Responsibility Forum (CSRF) masa bakti 2019-2024 di Mahligai Pancasila, Jumat (23/8/2019) malam.

PAMAN Birin mengharapkan Forum TSLP harus dapat berkontribusi secara efektif dalam menggerakkan peran nyata dari segenap perusahaan guna berkontribusi dalam mendukung program-program pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan dan menekan ketimpangan.

Ia berharap kontribusi, terutama sektor pertambangan batubara untuk menyokong sejumlah program pemerintah daerah bersama masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sebagai sebuah tanggungjawab sosial secara berkelanjutan, sesuai kemampuan perusahaan.

Menurutnya, ada tiga komponen kekuatan yang mesti disinergiskan untuk membangun Kalsel, yakni pemerintahan yang akuntabel dan transparan, keterlibatan perusahaan, serta peran alim ulama. “Kalau tiga komponen ini kita sinergikan, maka bisa menimbulkan sesuatu yang luar biasa dan akan memberikan percepatan untuk membuat masyarakat Kalsel sejahtera,” ujarnya.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Kementerian Sumber Daya Mineral Hendrasto mengatakan, forum ini berkewajiban membuat Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), yang sesuai dengan program pemerintah daerah.

“Apa yang dibuat perusahaan harus mengacu pada cetak biru, sehingga tidak meleset, baik itu tambang yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi,” katanya.

Jangan sampai, lanjutnya, jika tambang selesai beroperasi, kehidupan masyarakat di sekitarnya tidak karuan. “PPM wajib dilaksanakan. Kalau tidak, maka ada saksinya. Forum ini sudah yang keempat, sebelumnya sudah ada di Kalteng, Kaltim, dan Kaltara,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
-  I K L A N  -

- I K L A N -

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.