Pemkab Banjar Bangun 46 Kios Baru untuk Pedagang Kuliner

0

 

TAHUN 2018 lalu, Pemkab Banjar membongkar 64 lapak pedagang kuliner di kawasan Cahaya Bumi Selamat (CBS) dan hanya membangunkan 18 warung. Sedangkan 46 pedagang sisanya, terpaksa berjualan di sisi lain, dan bahkan ada yang terpaksa berhenti sementara untuk berdagang.

DIREKTUR PD Pasar Bauntung Batuah (PBB) Rusdiansyah mengatakan, untuk menampung sisa pedagang kuliner, Pemkab Banjar di 2019 ini membangun 46 lapak baru. “Pembangunan 46 lapak sedang dilakukan, dan ini akan dihubungkan dengan 18 lapak terdahulu,” katanya, Minggu (17/8/2019).

Menurut Rusdi, pembangunan lapak bertujuan untuk menata lebih baik pasar kuliner, sehingga bisa membuat nyaman para pedagang dan pembeli. Pihaknya ingin menjadikan pasar kuliner yang dibangun menjadi proyek percontohan tata kelola pasar kuliner.

BACA : Debu Proyek 18 Kios Baru di Pasar Martapura Dikeluhkan Pedagang Wadai Banjar

Diungkapkannya, dana untuk pembangunan 64 lapak pedagang kuliner berasal dari APBD Banjar 2019 sebesar Rp 2,1 miliar. Kemudian pelaksanaannya melalui pendampingan TP4D Kejari Martapura dan akan diselesaikan kontraktor selama 180 hari kalender.

“Kalau sudah selesai dibangun, 46 pedagang kuliner akan menempatinya. Di tahun pertama tidak dikenakan biaya sewa, kecuali restribusi kebersihan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis H Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.