ACT

Dua Anggota Dewan Tak Ikut Dilantik, 20 Agustus Nanti Dipilih Pimpinan DPRD HSS

0 143

DIPANDU Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kandangan Dian Erdianto, 28 dari 30 anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) resmi  dilantik dan diambil sumpah jabatannya dalam rapat paripurna istimewa DPRD HSS di Kandangan, Senin (12/8/2019).

PARA wakil rakyat ini mengantongi SK Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0680/KUM/2019 tentang peresmian pengangkatan‎ anggota DPRD Kabuparen HSS masa jabatan 201‎9-2024‎.‎

‌Menariknya, dua anggota DPRD HSS tak ikut dilantik gara-gara tengah berada di Tanah Suci, karena tengah menjalankan ibadah haji yakni Muhran Bahran dari PPP dan Husnan dari PPP.

‎Sebagai parpol pemenang, kursi Ketua DPRD HSS sementara ditempati kader PKS, Akhmad Fahmi didampingi pemenang kedua dari Nasdem, Rodi Maulidi di posisi wakil ketua dewan sementara. Rinciannya, PKS menyabet 7 kursi, disusul  Nasdem dengan 7 kursi, Golkar 4 kursi, PKB 3 kursi, PDI-P 3 kursi, Gerinda 2 kursi, PAN 2 kursi, PPP 1 kursi, dan Demokrat 1 kursi.‎

BACA : PKS-Nasdem Raih 7 Kursi, Ini 30 Wakil Rakyat DPRD HSS Terpilih

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad pun berharap komposisi anggota dewan yang baru bisa berperan lebih kuat dalam fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan.

“Tentunya, bisa memenuhi harapan masyarakat terkait peningkatan kesejahteraan, kualitas pelayanan publik, pengembangan kehidupan demokrasi, maupun peningkatan daya saing daerah,” ucap mantan Ketua DPRD HSS ini.

Sedangkan, Wakil Ketua DPRD HSS sementara, Akhmad Fahmi memastikan usai dilantik berdasar UU Nomor 12 Tahun 2018, DPRD akan membuat alat kelengkapan dewan seperti fraksi, komisi, tata tertib dan lainnya sebagian acuan.

Fahmi memastikan untuk nama pimpinan DPRD HSS definitif, akan dibahas lagi dan ditetapkan dalam rapat paripurna pada Selasa (20/8/2019) mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina menegaskan pihaknya sudah selesai merampungkan tugas berdasar PKPU Nomor 5 Tahun 2019 dengan menetapkan perolehan kursi parpol dan caleg terpilih.

“Kami berharap wakil rakyat yang telah dilantik bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat HSS. Kami yakin mereka akan menjaga tugas dan tanggungjawab dengan amanah,” ucap Nida.

BACA JUGA : Diawali HSU-Tapin, Diakhiri DPRD Banjarbaru, Ini Jadwal Pelantikan Wakil Rakyat Baru

Mantan Ketua KNPI HSS ini mengakui formasi 30 anggota DPRD HSS, saat ini perpaduan antara wajah baru dan wajah lama yang berimbang dan tidak terlalu jauh.

“Jadi, anggota dewan yang lama tetap dengan konsep pemikiran lima  tahun pengabdian yang sudah dilewati. Yang baru tentu segera menyesuaikan terhadap tugas-tugas negaranya. Dengan demikian,  30 anggota dewan terpilih 2019-2024 bisa balance,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.