Publikasikan Perusahaan Pembakar Lahan dan Hutan

0

DALAM briefing harian tim satgas Karhutla, Kamis (7/8/2019), mengemuka wacana agar pelaku atau perusahaan yang terbukti dengan sengaja membakar lahan untuk kepentingan usahanya dipublikasikan ke masyarakat.

JANGAN sampai kita dikepung api, dan kita jangan sampai kucing-kucingan dengan pembakar lahan dan hutan. Itu yang dikatakan Gubernur Kalsel,” ujar Kolonel Inf Fajar selaku LO Wilayah Kalimantan Selatan BNPB.

Menurutnya, komitmen Gubernur Kalsel sudah sangat tegas dan jelas. Untuk itu harus disikapi dengan fokus dalam menjalankan misi pencegahan kebakaran hutan dan lahan. “Kita harus turun ke lapangan dan bersinergi dengan semua kepentingan, serta melakukan langkah yang tepat guna dan efisien,” ujarnya.

Fajar meminta agar satgas dalam melakukan tugasnya dapat memberikan informasi, baik berupa gambar maupun visual lokasi di sekitar terjadinya kebakaran. “Kita perlu data, apakah ada keterlibatan perusahaan dalam setiap kebakaran lahan dan hutan. Sebab, selama ini informasi lahan terbakar selalu diatasnamakan lahan masyarakat,” ucapnya.

BACA : Undang Daerah Rawan Karhutla, Penghijauan di Kalsel Salah Satu yang Terbaik

Direktur Penanganan Pengungsi pada Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Johny Sumbung, mengingatkan pentingnya kesamaan gerak dalam penanganan karhutla. Satgas darat dan udara harus berupaya maksimal dengan mendahulukan langkah pencegahan. “Saat ini, kita hanya bisa siapkan tiga helikopter, karena karhutla di Kalsel masih dapat dikendalikan,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Sahruddin mengatakan, upaya pencegahan satgas udara setiap hari dalam memadamkan api sudah maksimal. Satgas darat dan udara terus melakukan pencegahan karhutla agar tidak membesar dan meluas.

“Kami berharap tim penegakan hukum dapat melakukan tindakan hukum apabila terdapat masyarakat atau perusahaan yang sengaja membakar hutan dan lahan,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.