Fasilitas APK Diberikan KPU Tak Dimanfaatkan Peserta Pemilu

0

FASILITAS alat peraga kampanye (APK) yang diberikan KPU Kalsel kepada peserta Pemilu 2019 lalu, rupanya tidak dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini pun dibedah dalam rapat evaluasi fasilitasi kampanye pada pemilu tahun 2019, di Hotel Best Western Kindai, Banjarmasin, Rabu (7/8/2019).

PADAHAL jumlah APK yang difasilitasi lembaga penyelenggara pemilu ini di antaranya 11 baliho diperuntukkan bagi parpol, lima baliho untuk calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan 16 baliho buat pasangan presiden dan wakil presiden.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengakui tidak dimaksimalkannya peserta pemilu berupa baliho dan spanduk.“Fasilitas yang seperti ini tak maksimal, karena tak semua partai itu kemarin ambil semuanya. Dari sini kan sangat disayangkan sekali. Padahal negara memfasilitasi,” ucap Sarmuji, saat memimpin rapat koordinasi tersebut.

BACA : Disiapkan Rp 20,6 Miliar, Pilwali Banjarbaru Diprediksi Ada Empat Paslon

Untuk itu, menurut Sarmuji, evaluasi ini diharapkan dapat disampaikan permasalahan-permasalahan selama fasilitasi kampanye Pemilu 2019 beberapa waktu lalu. Tujuannya, untuk menyempurnakan grand design KPU RI pada fasilitasi kampanye pemilu mendatang.

“Dengan forum ini, mari kita melakukan pembenahan dan penyempurnaan, baik dari peserta pemilu, pemerintah kabupaten, juga KPU sendiri,” beber mantan anggota KPU Tapin ini.

Menurut Sarmuji, KPU memerlukan masukan dan tanggapan dari semua stakeholder mengenai bagaimana fasilitasi kampanye pemilu. Termasuk, saran untuk memperbaiki sistem demokrasi.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.