Kesehatan di Tangan Kita Sendiri, Bukan di Tangan Pemerintah

0

SEGALA penyakit berawal dari kurangnya beraktivitas olahraga dengan mengencangkan otot, dikarenakan kurang geraknya tubuh untuk pembakaran kalori atau lemak.

HAL itu diungkapkan binaragawan nasional, Ade Rai dalam kegiatan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan NasionaI-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan pola hidup sehat, sebagai wujud kepatuhan sebagai warga negara Indonesia.

Dalam sosialisasi  yang digelar di gedung Aula Rektorat Unlam Banjarmasin, Ade Rai menyampaikan materi inspirasi tentang pola hidup sehat untuk menjadi pendorong semangat peserta JKN-KIS guna memulai pola hidup yang lebih sehat.

BACA: Per Maret 2019, Baru 59,98 persen Masyarakat Banjarmasin Terdaftar di JKN

“Kalau mau beraktivitas, kita harus sehat, lakukanlah secara rutin perhari minimal 10 menit. Untuk itu mulai lah olahraga sejak sekarang agar kesehatan tetap terjaga walaupun usia sudah tidak muda lagi,” ungkapnya, Selasa (6/8/2019).

Sosialisasi ini diselenggarakan untuk mengajak seluruh masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Karena kesehatan kita ada ditangan kita sendiri, bukan di tangan pemerintah atau BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Rai ikut memaparkan pentingnya masuk dalam program JKN-KIS, karena program tersebut menerapkan budaya gotong royong yakni membantu yang sakit.

“Bukan hanya untuk bagian luar tubuh saja, kita juga terapkan olahraga rutin pada setiap individu dan pola hidup sehat butuh pemahaman secara menyeluruh,” tambahnya.

Sementara itu Tutus Novita Dewi Kepala BPJS Kesehatan cabang Banjarmasin mengatakan, Kalimantan Selatan merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang terendah. Sehingga pihaknya perlu untuk mengadakan sosialisasi program pola hidup ini.

BACA JUGA: RS Ansari Saleh Jamin Pembatasan BPJS Kesehatan Tak Pengaruhi Layanan Pasien

“Jadi karena salah satu Provinsi yang pesertanya terendah, maka kita adakan sosialisasi agar masyarakat bisa menyadari pentingnya menjaga kesehatan,” katanya.

Diapun berharap dengan diadakannya kegiatan sosialisasi Program JKN-KIS dan pola hidup sehat bersama Brand Ambassador BPJS Kesehatan pada hari ini, kami harapkan dapat menjadi bagian dari sinergi bersama mendukung Program Indonesia Sehat.

“Untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk di dalamnya melaksanakan olahraga rutin tidak cukup hanya dengan memotivasi tapi perlu adanya pemahaman secara maksimal oleh setiap individu terhadap pentingnya menjaga kesehatan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.