Mengapung Lima Hari di Laut, Minum Air Kencing untuk Bertahan Hidup

0

OPERASI SAR pencarian korban hilang KM Pieces yang tenggelam di Perairan Matasiri, Kotabaru, membuahkan hasil. Jumat (2/8/2010) malam sekitar pukul 22.45 Wita, satu korban ditemukan dalam kondisi selamat. 

KORBAN selamat, Endro (40 tahun), awalnya ditemukan awak KM Bunga Tanjung di posisi sekitar 60 Nautical Mil arah tenggara perairan Tanjung Selatan. Kemudian, korban dijemput Tim Rescue Kansar Banjarmasin bersama personil Lanal Banjarmasin di pesisir Muara Pagatan. Setibanya di Kantor SAR Banjarmasin pada Sabtu (3/8/2019) dinihari sekitar pukul 03.00 Wita, korban langsung mendapat perawatan medis.

Menurut korban selamat, Endro, KM Pieces terbakar sebelum tenggelam. Ia tidak mengetahui persis asal api yang membakar kapal tersebut. Namun ia menduga, api dari bagian atas kapal. “Kalau menurut saya, api dari bagian samping ruangan kapten,”  kata Endro kepada awak media.

BACA : Ditemukan Mengapung Di Tanjung Selatan, Satu Korban KM Pieces Selamat

Diungkapkan Endro, upaya  memadamkan api  sempat dilakukan awak kapal. Hanya saja, api ternyata terus membesar. Para awak kapal pun, memutuskan terjun ke laut untuk menyelamatkam diri. Endro mengungkapkan di empat hari pertama terapung di laut, ia masih bersama awak kapal lainnya. Namun kemudian terpisah hingga ditemukan kapal nelayan lainnya yang tengah mencari ikan di perairan Tanjung Selatan.

BACA : Pesawat Pengintai Dikerahkan Cari Korban Kapal Tenggelam

Selama terapung di laut, Endro mengaku meminum air kencingnya sendiri untuk bertahan hidup. “Dua hari sekali, saya minum air kencing sendiri. Pernah satu kali, saya dapat ikan untuk di makan. Cuma satu ekor ikan itu saja yang saya makan selama lima hari terapung di laut,”  kata Endro.(jejakrekam) 

 

Penulis Deden
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.