ACT

Order Prioritas ala Maxim Timbulkan Kesenjangan Antara Driver Online

0 6.484

KESEMPATAN untuk hasilkan uang melalui moda transportasi online semakin bertambah di Banua. Setelah beroperasi dibeberapa kota besar di Indonesia, Maxim mengembangkan bisnis transportasinya di Banjarmasin.

PERUSAHAAN transportasi online yang dimiliki Rusia ini menawarkan kepada driver untuk memasang stiker dari Maxim, agar menjadi driver prioritas atau utama yang mendapatkan order dari pelanggan.

Menurut Bayu, salah satu calon driver mobil yang mendaftarkan dirinya mengaku merasa senang dengan hadirnya aplikasi Maxim di Banjarmasin. Dirinya juga optimis bakal menambah penghasilannya sebagai driver taxi online. Sebelumnya, dia juga sudah punya dua aplikasi dari provider transportasi online lain yang sudah beroperasi di Banjarmasin.

BACA: Ratusan Driver Online Kalsel Lakukan Aksi Damai Tuntut Hak Dikembalikan

“Saya sendiri dapat informasi dari promosi dipinggir jalan yang mana terpampang spanduk dan sebaran pamflet promosi di pusat keramaian. Oleh sebab itu, saya mendaftar dan langsung ditawarkan menjadi driver prioritas untuk mendapatkan order dengan cara memasang stiker Maxim di mobil saya,” jelasnya, Selasa (30/7/2019), di Jalan Perdagangan RT 24 Banjarmasin.

Hal yang berbeda justru dirasakan oleh Taufik. Ia merasa keberatan dan tidak setuju dengan adanya order prioritas ini. Karena selain harus memasang stiker dibody mobil, juga dirasa tidak berpihak bagi mitra yang bekerja dengan jam terbang tinggi.

“Saya merasa ini hanya sebatas ajang promosi dari Maxim, dengan alasan order prioritas. Seperti yang kita ketahui, Maxim ini baru hadir di Banjarmasin dan masih belum banyak masyarakat yang mengetahuinya,” ujarnya.

Taufik beranggapan kalau Maxim tidak memungut biaya kepada para pengemudi dan dibebaskan dari biaya komisi, hanya berlaku untuk beberapa bulan saja yang kemungkinan hanya sebagai ajang promosi, seperti halnya jasa taxi online lain yang sudah beroperasi dengan sistem bagi hasil.

BACA JUGA: DPRD Kalsel Janji Segera Panggil Penyedia Aplikasi Taksi Online

“Sama seperti perusahaan yang baru buka pasti gencar promosi di awal, namun setelahnya akan menggunakan kebijakan lain, yang mungkin dianggap sebagian driver memberatkan,” tambahnya.

Diapun berharap kepada pihak Maxim atau jasa transportasi online lainnya bisa memberikan yang terbaik bagi mitra kerjanya, serta tidak bertindak sepihak kepada para driver jika ada masalah.

“Dengan kebijakan prioritas ini, saya berharap benar-benar dijalankan. Takutnya ini hanya bersifat sementara, dan kedepannya bisa bekerjasama baik dengan mitra driver,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.