Diprotes, Pembelian Mobil Operasional Senilai Ratusan Juta di MTsN 2 Banjarmasin Gagal

0

NIAT ingin memiliki mobil operasional sekolah jenis Avansa seharga Rp 205 juta dari hasil keuntungan penjualan buku di MTSN 2 Banjarmasin terpaksa urung dilakukan. Pasalnya, kebijakan pihak sekolah yang mengharuskan anak didiknya membeli buku di koperasi sekolah menuai keresahan dan protes.

UDIN, salah satu orang tua siswa di MTSN 2 Banjarmasin tak habis pikir dengan kebijakan sekolah. Pasalnya, tak sedikit uang yang harus dirogohnya dari kantong dimana jumlahnya mencapai jutaan rupiah.

“Harga di koperasi sekolah melebihi harga jual dari penerbit. Maka dari itu saya protes terhadap kebijakan sekolah ini,  sebab saya tidak mampu membayarnya walaupun di cicil,”  ungkap pria yang berprofesi sebagai pekerja bangunan ini.

BACA: Tak Jera, Ombudsman Ungkap Pungli di Sekolah Masih Marak

Sementara itu, Kepala Sekolah MTsN 2 Banjarmasin, melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Muhammad Arsyad,  membenarkan bahwa pihak sekolah membuat surat edaran itu pada tanggal 23 Juli 2019.

Menurut dia, pihak sekolah hanya menyediakan dan menyiapkan buku-buku tersebut sebagai bahan penunjang utama dalam proses belajar mengajar, dan pihak Koperasi Iqtishad MTsN 2 menyediakan buku dimana anak didik harus membelinya lewat koperasi.

Ia berdalih, berdasarkan pertimbangan dan untuk penghematan setiap kegiatan siswa yang selama ini banyak mengeluarkan biaya, terutama pengadaan penyewaan mobil,  maka keuntungan dari penjualan buku itu akan dibelikan mobil operasional.

BACA JUGA: Agar Tak Dianaktirikan Dalam Bantuan, DPRD Godok Rapeda Sekolah Keagamaaan 

“Karena ada masukan,  saran dan kritik dari beberapa pihak, terutama orang tua siswa,  maka surat edaran itu akan kami batalkan,” tegasnya.

Ditambahkan Arsyad, bagi para anak didik yang ingin membeli buku paket tersebut,  dipersilakan untuk membelinya secara langsung. “Para siswa bisa membeli kepada pihak penerbit atau ke toko buku tanpa melibatkan pihak Koperasi Iqtishad MTsN 2 Kota Banjarmasin,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.