Eks Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad Dinilai Pantas Ketua DPD RI

0

EKSISTENSI Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah memasuki usia 15 tahun, namun keberadaannya justru belum dirasakan masyarakat daerah. Lembaga yang menghimpun para senator dari 34 provinsi di Indonesia, justru minim prestasi terutama di periode 2014-2019.

SEKJEN Solidaritas Bersama Kuatkan (Sobat) DPD, Zico Armando mengakui selama periode yang ada, peran dan kinerja DPD sangat minim. Malah, lembaga negara ini justru tercoreng ketika Ketua DPD RI Irman Guman ditetapkan sebagai tersangka hingga memicu polemik di internal pimpinan DPD.

“Masyarakat daerah menaruh harapan kepada DPD periode 2019-2024 mendatang dapat bekerja lebih baik dan serius memperjuangkan aspirasi daerah di pusat,” ucap Zico Armando dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com, Kamis (25/7/2019).

BACA : Perkuat dan Evaluasi Perda, DPD RI Harus Bentuk Tim Kajian

Ia mengungkapkan saat ini, dari 126 anggota DPD RI terpilih 2019-2024, masih didominasi wajah lama. Selebihnya, hanya 44 orang merupakan wajah baru dengan berbagai latar belakang.

Menurut Zico, saat ini yang dibutuhkan ada pimpinan senator DPD RI yang berkualitas, mencintai dan memperkuat serta dapat membangun sinergi dengan DPR RI demi kepentingan daerah di 34 provinsi.

Zico menyebut saat ini muncul beberapa nama anggota DPD terpilih yang digadang-gadang menduduki posisi ketua. Terutama, wajah baru seperti mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad, eks Ketua MK Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua PSSI La Nyalla, hingga wajah lama periode sebelumnya, Nono Sampurno dan GKR Hemas.

“Dari perspektif yang ada, tentu Fadel Muhammad sangat layak untuk memimpin DPD RI. Pengalamannya yang pernah di lembaga eksekutif dan legislatif bisa jadi pertimbangan,” urai Zico.

BACA JUGA : Adhariani : Tanpa Amandemen UUD 1945, Posisi DPD Hanya Ban Serep DPR RI

Ia berpendapat sosok Fadel Muhammad sebagai mantan Gubernur Gorontalo dua periode, eks Menteri KKP dan anggota DPR RI asal Golkar serta penah menjabat pimpinan komisi dan Wakil Ketua BKSAP, sangat pantas dipilih sebagai Ketua DPD RI mendatang.

“Apalagi, Fadel Muhammad merupakan guru besar di Universitas Brawijaya Malang. Dengan begitu, Sobat DPD menilai Fadel Muhammad jika menjadi Ketua DPD RI periode 2019-2024 nantinya bisa memaksimalkan sinergitas DPD dan DPR yang memberi manfaat besar bagi masyarakat daerah,” pungkas Zico.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.