PKS-Nasdem Raih 7 Kursi, Ini 30 Wakil Rakyat DPRD HSS Terpilih

0

BERTEMPAT di Sanggar Pramuka Kandangan, KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menetapkan perolehan kursi parpol peserta Pemilu 2019, berikut caleg terpilih yang mengisi 30 kursi 30 DPRD HSS, Senin (22/7/2019).

TERBAGI dalam tiga daerah pemilihan (dapil), yakni HSS 1 (Kecamatan Kandangan, Sungai Raya, Simpur dan Kalumpang), HSS 2 (Kecamatan Angkinang, Telaga Langsat, Padang Batung dan Loksado. Terakhir, HSS 2 (Daha Barat, Daha Selatan dan Daha Utara).

PKS dan Partai Nasdem sama-sama merebut 7 kursi di DPRD HSS, dari tiga dapil. Disusul, Partai Golkar dengan 4 kursi, masing-masing 3 kursi disabet PKB dan PDI Perjuangan. Untuk peraih 2 kursi adalah Partai Gerindra, dan PAN. Terakhir, satu kursi di DPRD HSS menjadi milik PPP, Partai Demokrat.

Untuk dapil HSS 1, caleg terpilih adalah Rahmad Iriadi (PKB), Surya Rizani (Gerindra), Lutfi Gunawan (PDIP), Muhlis Ridhani (Golkar), lalu Kartoyo, H Yopie Alfiani dan Risma Fakhriyatni masing-masing mewakili Partai Nasdem. Tiga kursi juga direbut kader PKS yakni H Yusperi, Mardiansyah dan Iwan Setiawan. Sedangkan, kader PAN yang berhasil duduk di DPRD HSS adalah Hariadi.

BACA : Diawali HSU-Tapin, Diakhiri DPRD Banjarbaru, Ini Jadwal Pelantikan Wakil Rakyat Baru

Berikutnya pengisi kursi DPRD HSS dari dapil 2 adalah Yuniati (PKB), M Lutfiajadi (PDIP), H Muhammad Kusasi (Golkar), dua kursi diduduki caleg Nasdem, Rodi Maulidi dan Andryan Lesmana. Berikutnya, PKS juga mendominasi kursi dengan mengutus dua kadernya, Muhammad Sadyi Masun dan H Akhmad Fahmi dan caleg terpilih PAN, Ryan Darmawan.

Sedangkan, wakil rakyat terpilih zona Nagara (dapil HSS 3) adalah Muhammad Yurni (PKB), Habib Yahya (Gerindra), Syarifudin (PDIP), dua kader Golkar yakni Suniansyah dan Yoga Lesmana.  Perolehan serupa juga didapat dua caleg terpilih Nasdem, yakni Husnan dan H Haidir Sani.  Sementara PKS mendudukkan dua kadernya, H Samsudin dan H Subeli Arsyad. Terakhir, PPP diwakili H Muchran dan Muhazerachman dari Partai Demokrat.

BACA JUGA : Ini 10 Besar Pendulang Suara Terbanyak DPRD Kalsel, Caleg Golkar H Rusli Teratas

Ketua KPU HSS Nida Guslaini Rahmadina menegaskan penetapan perolehan kursi parpol dan caleg terpilih DPRD HST hasil Pemilu 2019, berdasarkan SK Nomor 194 dan 195, selanjutnya untuk disiapkan.

“Anggota legislatif di DPRD HSS yang terpilih sudah siap dilantik.  Dari hasil rapat pleno terbuka KPU HSS ini selanjutnya akan dikirim ke Pemkab HSS dan Pemprov Kalsel untuk pembuatan SK anggota dewan,” ucap Nida Guslaili Rahmadina kepada jejakrekam.com, Senin (24/7/2019).

Dalam kesempatan itu, mantan Ketua KNPI HSS ini juga mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI dan Polri dalam mengamankan tahapan demi tahapan pemilu, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat HSS.

“Semua parpol yang meraih kursi dan termasuk caleg terpilih dihitung berdasar metode sainte lague dengan rumus 1,3,5 dan 7,” kata Nida, yang menyerahkan SK terpilih dan ditandatangani kepada perwakilan parpol.(jejakrekam)

 

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.