ACT

Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban, 2.000 Ekor Sapi Disiapkan

0 168

SEBANYAK 2.000 ekor sapi bakal disiapkan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin untuk memenuhi kebutuhan warga kota jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, yang tinggal dua pekan lagi.

“UNTUK stok sapi saat ini sudah terhimpun 300 ekor. Sisanya akan menyusul dan dikoordinasikan ke daerah untuk memasok sapi kurban ke Banjarmasin, jika dianggap masih kurang,” ucap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Anwar Ziady, Selasa (23/7/2019).

Dalam waktu dekat ini, Anwar Ziady mengatakan akan didatangkan lagi stok tambahan sebanyak 300 ekor, sehingga terkumpul 600 ekor sapi layak kurban. Idealnya, untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban, terutama sapi harus tersedia sebanyak 2.000 ekor di Banjarmasin.

BACA : Ada 3.000 Ekor Lebih Beredar, Pengawasan Hewan Kurban di Banjarmasin Diperketat

Menurut dia, mendekati Hari Raya Idul Adha, fenomena naiknya harga sapi dan hewan kurban sering terjadi. Yang awalnya hanya Rp 45 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Ini berarti, terjadi selisih Rp 10 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga ini juga terjadi karena di tempatnya juga mengalami hal serupa. Sebab, kebutuhan hewan kurban akan semakin meningkat. Terutama, sapi sehat yang layak kurban,” kata Anwar Ziady.

BACA JUGA : Permintaan Daging Sapi Meningkat, Pasokan Dipastikan Mencukupi

Selain itu, menurut dia, adanya kendala cuaca yang turut berpengaruh dalam pengangkutan ribuan sapi dari daerah asal ke Banjarmasin. Kebanyakan sapi ini didatangkan dari Pulau Madura, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan daerah sentra peternakan lainnya di Indonesia.

“Apalagi, sapi-sapi itu diangkut melalui kapal laut, tentu membutuhkan ongkos tinggi, ditambah aturan pembatasan muatan kapal antar pulau. Ini belum lagi, saat pengiriman dihadang gelombang tinggi,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.