Tujuh Kabupaten dan Kota di Kalsel Status Siaga Darurat Karhutla, BPBD Kalsel Pinjam Helikopter

0

TUJUH kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ketujuh daerah, yaitu Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Balangan, Tapin dan Hulu Sungai Selatan (HSS).

KEPALA BPBD Kalsel Wahyuddin, mengatakan daerah yang telah berstatus siaga darurat karhutla akan menjadi perhatian utama. “Kami akan menambah personel dari pusat,” katanya.

Pihaknya juga akan menyampaikan surat edaran Gubernur Kalsel agar segera menyiapkan alat, tenaga, dan sistem. “Kemudian melakukan apel kesiapsiagaan untuk persiapan personel,” ucap pria yang disapa Uyud ini.

BACA : Antisipasi Karhutla, Gubernur Kalsel Terbitkan Surat Edaran

BPBD Kalsel, lanjutnya, mendapat pinjam pakai helikopter selama empat bulan untuk keperluan water bombing. Helikopter tersebut akan tiba di Bandara Syamsudin Noor pada Sabtu (20/7/2019) nanti.

“Ada 53 kejadian karhutla di wilayah kalsel periode Januari-Juli 2019 dengan luas lahan yang terbakar 73,945 hektare, dengan titik spot 43 titik. Kalsel titik spotnya minim, tapi kejadiannya tinggi, sebab belum terbaca oleh satelit, apinya sudah padam,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.