Manfaatkan Fasum di Sungai Andai Disulap Jadi Kampung Bermain

0

KAMPUNG bermain di bawah binaan Federasi Olahraga Rekreasi  Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Banjarmasin ini tersedia di Jalan Padat Karya, Komplek Herlina Perkasa Blok Keruing, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara.

FASILITAS umum yang ada di komplek perumahan padat penduduk itu disulap menjadi wahana permainan tradisional anak-anak seperti bakiak panjang, balogo, lompat tali, tarik tambang dan lainnya, menjadi permainan alternatif di samping game online yang kini digandrungi.

Penyediaan kampung bermain ini menyusul setelah Kelurahan Alalak Utara dijadikan Pemkot Banjarmasin sebagai kampung bermain olahraga tradisional Banjar, seperti balogo dan bagasing.

BACA : Antara Kauman dan Bong; Sekelumit Kisah Kampung Pekauman Banjarmasin

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Ketua Tim Penggerak PPK Banjarmasin Siti Wasilah, Minggu (30/6/2019), usai meresmikan kampung bermain di Sungai Andai, mencoba menjajal beragam permainan tradisional yang seakan mulai terlupakan itu.

Ibnu Sina berharap dengan adanya kampung bermain ini bisa memasyarakatkan kembali olahraga tradisional yang masih dimainkan anak-anak. Terlebih lagi, kawasan Sungai Andai kini menjadi komplek perumahan yang cukup padat.

Untuk itu, mantan anggota DPRD Kalsel memastikan jika tersedia fasilitas umum (fasum) dari para pengembang perumahan, maka akan disulap menjadi sarana berolahraga bagi masyarakat.

“Jadi, sarana dan prasarana akan dibangun pemerintah kota. Termasuk di pinggir sungai, kalau ada fasum. Kita inventarisir dan amankan dulu, nanti akan dibuat sarana dan prasarana olahraga. Termasuk, di pinggir sungai akan dijadikan wahana olahraga air,” tutur Ibnu Sina.

Dia berharap dengan kembali menghidupkan olahraga tradisional, anak-anak bisa mengenal model permainan lawas, tak hanya menggandrungi permainan online saja.

BACA JUGA : Ketika Sungai Bersih, Anak-Anak Bermain Air pun Tak Risih

“Padahal, jelas permainan olahraga dari game online, jelas masyarakat tidak bergerak sama sekali. Hal ini jelas akan berpengaruh terhadap tumbung kembangnya anak,” tandas Ibnu Sina.

Peresmian kampung bermain di Sungai Andai ini juga dihadiri Ketua FORMI Kota Banjarmasin, Titik Roesmiati Imran, pengurus FORMI Provinsi Kalsel serta Camat Banjarmasin Utara, Apiluddin Noor.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.