Duta Polres HST Rebut Juara PSB danJawara PKS Disabet Polres Tanbu

0

DIREKTORAT Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan menghelat lomba polisi cilik bermain (PCB) dan patroli keamanan sekolah (PKS) di Lapangan Kamboja, Banjarmsin, Minggu (30/6/2019). Even untuk memeriahkan HUT ke-73 Bhayangkara ini, sebagai juara PSB direbut wakil dari Polres Hulu Sungai Tengah (HST) dan kategori PKS direbut wakil dari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

ADA 26 tim yang beradu kerapian, kekompakan, disiplin dan lainnya dalam lomba PCB dan PKS ini. Terdiri dari 13 tim yang mengikuti PCB dan 13 tim yang diutus masing-masing Polres se-Kalsel beradu di lomba PKS.

Dibagi dalam tiga rayon dalam babak penyisihan, masing-masing utusan polres beradu untuk dinilai para juri. Yakni, rayon 1 diikuti utusand ari Polresta Banjarmasin, Polres Barito Kuala, Polres Banjarbaru, Polres Banjar dan Polres Tapin. Sedangkan, rayon 2 terdapat utusan Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Hulu Sungai Tengah, Polres Hulu Sungai Utara, Polres Balangan dan Polres Tabalong. Sedangkan, rayon 3 diikuti Polres Tanah Laut, Polres Tanah Bumbu dan Polres Kotabaru.

BACA : Polisi Cilik HSU Pukau Peserta dan Undangan Peringatan HUT ke-72 Bhayangkara

Untuk menentukan juara rayon kemudian disaring. Keluar sebagai juara rayon 1 PCB adalah Polresta Banjarmasin, rayon 2 Polres HST, dan juara rayon 3 duta dari Polres Tanah Bumbu. Tiga pemenang ini pun bertanding lagi di grand final, hingga akhirnya polisi cilik binaan Polres HST keluar sebagai juara I, disusul Polresta Banjarmasin dan Polres Tanah Bumbu di urutan ketiga.

Sedangkan, di lomba PKS, juga dibagi tiga rayon. Juara rayon 1 dimenangkan Polres Banjar, rayon 2 diwakili Polres Tabalong, dan rayon 3 sang juara disabet Polres Tanah Bumbu. Tiga besar ini kembali berlaga, akhirnya Polres Tanah Bumbu unggul, disusul Polres Banjar dan Polres Tabalong masing-masing di urutan kedua dan ketiga.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto mengatakan 13 tim PCB dan 13 tim PKS merupakan utusan dari masing-masing polres dalam wilayah hukum Polda Kalsel.

“Untuk pemenang satu hingga tiga, mendapat piala bergilir dan uang pembinaan Rp 3 juta bagi juara pertama, Rp 2 juta untuk juara kedua dan Rp 1 juta untuk juara ketiga baik lomba PCB maupun PKS,” ucap Muji Ediyanto.

BACA JUGA : Kecelakaan Lalu Lintas Operasi Ketupat Intan 2019 Lebih Banyak Dibanding Tahun 2018

Ia mengungkapkan peserta lomba PCB dan PKS ini merupakan siswa SD hingga SMA sederajat, agar terjadi regenerasi polisi cilik dan patroli keamanan sekolah dari tahun ke tahun.

“Makanya, kami berharap masing-masing Satlantas Polres di wilayah Polda Kalsel terus melakukan pembinaan untuk menjaring anak-anak berbakat untuk bidang seni baris berbaris dan isyarat atau gerakan mengatur lalu lintas ini,” tutur Muji.

Perwira menengah Polda Kalsel ini mengungkapkan dengan kegiatan PCB dan PKS, bisa mengedukasi anak sejak usia dini tentang aturan lalu lintas, sehingga setiap anggota patroli keamanan sekolah dan polisi cilik bermain bisa mengetahui peraturan kelalulintasan.

“Mereka bisa menjadi agen keselamatan berlalu lintas untuk menyosialisasikan kepada lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya. Tentunya, mereka harus menjadi contoh teladan bagi teman-temannya di sekolah,” paparnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.