Diusulkan Kenaikan Honor bagi Pengawas Pilkada Serentak 2020

0

BAWASLU Kalsel akan menaikkan uang kehormatan bagi pengawas Pemilu di tingkat kecamatan, kelurahan/desa, serta TPS pada Pilkada 2020.

KORDIV SDM dan Organisasi Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan mengatakan, honor pengawas harus menyesuaikan kewajiban dan hak dalam bertugas.

“Hasil evaluasi, mereka memiliki tugas yang berat selama pelaksanaan Pemilu 2019. Pada 2020, mereka akan mengawasi pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Pemilu Bupati atau Walikota. Kenaikan honor merupakan pertimbangan kemanusiaan kami,” kata Iwan, Sabtu (22/6/2019).

BACA : Usulkan Dana Asuransi Masuk Item Anggaran Pilkada Serentak

Bawaslu mengusulkan kenaikan honor kehormatan Panwascam dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk pengawas kelurahan/desa dari Rp 900 ribu menjadi Rp 1,5 juta. Adapun kenaikan honor petugas TPS dari Rp 500 ribu menjadi Rp 800 ribu.

Pemberian uang kehormatan dari kas Bawaslu RI. Bawaslu Kalsel hanya mengusulkan ke Bawaslu RI, namun itu juga tergantung kondisi keuangan. “Harapan kami bisa karena pelaksanaan tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2019,” ucapnya.

Terkait rekrutmen Panwascam, pengawas kelurahan/desa, dan pengawas TPS, Iwan memperkirakan dimulai Mei 2020.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.