Palangka Raya Siap Helat Even Rally Mountain Bike Tingkat Nasional

0

PALANGKA RAYA mendapat kehormatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) karena ditunjuk sebagai tuan rumah lomba mountain bike atau sepeda gunung tingkat nasional pada 13 Juli mendatang. Even ini baru pertama kali digelar di Indonesia.

KETUA Panitia Penyelenggara Lomba Montain Bike 2019, Akhmad Januariansyah Bagan, mengatakan, sebenarnya selain Palangka Raya, ada tiga kota yang menawarkan sebagai tuan rumah yakni Kota Samarinda, Kalimantan Timur,  Solo, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat.

“Karena Palangka Raya menawarkan konsep yang berbeda, yakni tidak hanya sekedar mempertandingkan sepeda gunung saja, tapi juga wisata rally sekaligus dikemas dengan fun game, sehingga memiliki nilai tambah tersendiri,” tutur Akhmad Januraisnsyah Bagan usai bertemu Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kamis (20/6/2019).

BACA : Semangat Gowes dan Senja Kala Pasar Sepeda Niaga Timur

Ternyata, para peserta menyukai lomba sepeda gunung diisi dengan arena permainan itu, berdasar hasil survei dengan melihat spot-spot yang akan dilewati, karena tidak membosankan saat even itu dihelat.

Rian, sapaan akrabnya menyebut selain Bukit Batu, sebenarnya Taman Sabangau juga sempat menjadi alternatif tempat dilaksanakan even ini. “Tetapi setelah mempertimbangkan Bukit Batu merupakan sentra objek pariwisata yang paling sering dikunjungi masyarakat serta kerap digunakan untuk adventure off road dan cross country, lokasi inilah yang dinilai paling cocok,” urai Rian.

Kali ini, even itu mengangat tema mountain rally bike tour to Bukit Batu. Bahkan, masih menurut Rian, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin pun menyambut baik karena ibukota Provinsi Kalteng ini dipercaya sebagai tuan rumah rumah.

“Bagaimana pun, even berskala nasional ini tentu banyak multiplayer efek yang akan diperoleh daerah. Sebab, bisa menarik wisatawan nasional datang ke lokasi itu,” tuturnya.

BACA JUGA : Hilang Imej Negatif, Wagub Kalteng Bikin Komunitas Motor Trail Syariah

Rian berharap jika even olahraga ekstrem ini dikelola dengan baik, bisa membuat objek wisata di Palangka Raya menjadi destinasi para wisatawan. Tentunya, dengan merevitalisasi objek-objek wisata andalan yang ada di Kota Cantik tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti even ini bisa mendaftar secara online di email [email protected] atau di whatsapp (WA) 0812 5560 2275. Namun berkas pendaftaran harus  diserahkan ke sekretariat panitia. Dapat juga langsung pengambilan dan penyerahan formulir ke Jalan C Bangas VI nomor 6 Palangka Raya serta Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palangka Raya.

Satu tim diikuti 5 orang/atlet, dengan kategori minimal satu orang/atlet wanita tiap kategori. Untuk kategori remaja usia 15-25 tahun, dewasa 26 tahun ke atas, campuran antara pria dan wanita. Biaya pendaftaran Rp 1 juta, peserta akan mendapatkan 5 kaos, air mineral saat perlomban, asuransi jiwa, tiket masuk wisata, snack, undian doorprize sebanyak 10 kupon. (jejakrekam)

 

Penulis Tiva
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.