Korem 101/Antasari Gelar Komsos untuk Tingkatkan Sinergitas Komponen Pemerintahan dan Keamanan

0

MENUNJANG tugas pokok TNI AD melalui satuan kewilayahan dan mendukung program pemerintahan, Korem 101/ Antasari menggelar komunikasi sosial (komsos) dengan aparat pemerintahan di Kalsel di Aula Makorem 101/ Antasari, Selasa (18/6/2019). Komsos ini bertema “Melalui Komunikasi Sosial Dengan Aparat Pemerintah, Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama Guna Menyiapkan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya untuk Tercapainya Tugas Pokok TNI AD”.

DANREM 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed mengatakan, komsos dengan aparat pemerintah ini bertujuan untuk memelihara komunikasi sehingga terwujud ikatan yang harmonis. Serta, untuk menjalin kerjasama antara TNI, Polri, dan aparat pemerintahan di daerah demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Menurutnya, dalam upaya meningkatkan potensi sumber daya nasional, yang meliputi sumber daya manusia, sumber saya alam, dan sumber daya buatan, yang menjadi kekuatan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh, maka perlu dilaksanakan pembinaan teritorial yang melibatkan seluruh komponen bangsa, termasuk di dalamnya aparat pemerintahan.

“Harapannya, kegiatan ini bisa memupuk kesepahaman, kesamaan persepsi, dan merupakan upaya saling dukung dalam mencapai tugas masing-masing sebagai bagian dalam berbenah menuju Kalsel yang lebih maju, berbudaya dan religius,” katanya.

Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah mengatakan dengan adanya komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan serta kerjasama yang baik dengan masyarakat, sangat membantu tugas pemerintah daerah untuk menciptakan kondisi wilayah yang aman, tertib, dan aman.

“Kondusifitas yang sudah terbukti di Kalsel ini, mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat. Kalsel dipercaya menggelar banyak even nasional, misalnya di awal Juli nanti, Kalsel tuan rumah Hari Keluarga Nasional yang akan dihadiri ribuan tamu dari seluruh Indonesia,” katanya.

Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani mengatakan, dalam menjaga stabilitas keamanan di masyarakat sangat perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, kepolisian, TNI, dan masyarakat, sehingga dengan sinergitas antara empat pilar tersebut, akan tercipta kondisi wilayah yang aman dan tenteram di lingkungan masyarakat.

“Kita mengharapkan kerjasama yang baik antara aparat keamanan dengan masyarakat untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kalsel karena apabila tugas tersebut hanya dibebankan kepada aparat keamanan, maka tidak akan maksimal,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.