ACT

Lonjakan Penumpang Mulai Terjadi di Pelabuhan Trisakti

0 98

KESYAHBANDARAN dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin mencatat, H-5 Idul Fitri 1440 H, jumlah penumpang arus mudik di Pelabuhan Trisakti mencapai 11.386 orang.

JUMLAH ini, meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu, yang hanya 5.590 penumpang. “Kenaikan ini sudah diprediksi hingga 20 persen. Namun, kenyataannya lebih dari prediksi,” ujar Kabag TU KSOP Kelas 1 Banjarmasin Israfulhayat.

Diungkapkannya, sebelum pemberangkatan kapal, telah dilakukan pengecekan setiap armada yang akan digunakan. Setidaknya, ada delapan kapal yang dimiliki KSOP, dengan berbagai varian kapasitas 400, 600, 1.000, 1.200, dan 1.600. “Sebelum digunakan kita selalu melakukan pengecekan,” katanya.

Andaikata, ledakan penumpang terus terjadi hingga H-1 lebaran, KSOP siap melakukan penambahan jumlah penumpang yang kapasitasnya sudah ditetapkan. Dengan catatan jumlah peralatan keselamatan mencukupi.

Israfulhayat mengimbau kepada calon penumpang KSOP jika sudah berada di Pelabuhan Trisakti diharapkan memiliki tiket terlebih dulu. Sementara tiket yang disiapkan di tempat hanya sekitar 20 persen.

“Pembelian tiket saat ini sudah bisa melalui online ditambah dengan agen. Jadi jangan sampai ketika datang, malah kehabisan tiket,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.