Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Perkokoh Konsep Tanah Air Indonesia

0

PEMKAB Barito Utara memperingati Hari Lahir Pancasila di Balai Antang, Muara Teweh, Rabu (28/5/2019).

MEMBACAKAN amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, memperingati Hari Kelahiran Pancasila diharapkan mampu menyatukan rakyat sebagai satu bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diungkapkannya, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan Tanah Air Indonesia.

“Kesatuan gugusan pulau yang berada diantara dua samudera, Pasifik dan Hindia, serta diantara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan Nusantara,” bebernya.

Menurutnya, keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan, demikian pula secara antropologis dan sosiologis, keberagaman ras etnis agama kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara, dan hingga sekarang Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Dikatakannya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan keberagaman kondisi geografis flora fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.