Duta Damai Dunia Maya Perangi Penyebaran Paham Terorisme

0

DUTA Damai Dunia Maya yang dibentuk pada 2017 oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), bertujuan agar generasi muda tidak boleh diam dalam menyikapi berbagai dinamika yang terjadi di dunia maya (internet).

APALAGI dunia maya makin disesaki paham-paham negatif, seperti berita hoax, juga radikalisme dan terorisme,” ungkap Koordinator Duta Damai Dunia Maya Kalsel M Alpiansyah, Selasa (21/5/2019).

Di Kalsel, bebernya, sebanyak 60 anak muda menjadi Duta Damai Dunia Maya yang bersinergi dengan Pusat Media Damai (PMD) BNPT untuk menyebarkan perdamaian di dunia maya. “Hari ini kami berkumpul untuk menyusun program kerja dan silaturrahmi sekaligus buka puasa bersama,” ujarnya.

Kepala Bidang Forum Koordinasi Penanggulangan Teroris (FKPT) Kalsel Fathurrahman mengatakan, anak muda Kalsel yang tergabung dalam Duta Damai Dunia Maya akan menghasilkan produk-produk konkrit dalam pencegahan terorisme, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Mantan Ketua PWI Kalsel ini menilai dunia maya menjadi faktor penting penyebaran terorisme di tengah era komunikasi yang semakin canggih. “Yang paling banyak bermasalah sekarang adalah dunia maya. Kita semua tahu permasalahan di dunia maya, juga bagaimana gencarnya dunia maya mempengaruhi generasi muda sampai generasi tua, sehingga hal-hal yang seharusnya tidak terjadi, malah terjadi,” bebernya.

Diungkapkannya, fakta telah menunjukkan jalinan terorisme dan dunia maya telah menandai momentum lahirnya fenomena baru yang disebut terorisme di dunia maya (cyber terorism). “Dalam fenomena ini, kelompok teroris secara fasih dan cerdas memanfaatkan jaringan internet sebagai metode dan alat baru. baik dalam hal propaganda, indoktrinasi, maupun rekrutmen,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.