Hasil UNBK SMK, Dempet Jatim, Kalsel di Posisi 8 Kalahkan Kaltim

0

HASIL ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ajaran 2018-2019, menempatkan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berada di peringkat kedelapan secara nasional. Posisi Kalsel mengalahkan Kalimantan Timur (Kaltim), dan mendempet Provinsi Jawa Timur (Jatim).

DENGAN mengantongi nilai kumulatif 47.39, dari 34 provinsi yang aada di Indonesia, Kalsel berada di 10 besar. Posisi puncak ditempati DI Yogyakarta dengan 55,33, disusul Kepulauan Riau dengan 51,74 dan DKI Jakarta raih 51,42. Posisi keempat diduduki Jawa Tengah (50,90), Bangka Belitung (50,00), Bali (49,72) dan Jawa Timur (48,55).

Untuk zona Kalimantan, Kalsel lebih unggul dibanding empat provinsi lainnya. Termasuk, Provinsi Kaltim pada 2018 lalu, mengungguli Kalsel. Sementara, posisi Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Barat (Kalbar) masing-masing berada di posisi ke-13 dan ke-14. Sedangkan, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada peringkat ke-18 secara nasional.

BACA : 18 Siswa SMA/SMK Peraih Nilai Nol Didominasi Banjarmasin dan Tanah Laut

“Tahun ini berdasar rangking nasional, Kalsel masuk dalam 10 besar untuk hasil UNBK SMK tahun 2019. Memang, posisi Kalsel tetap bertahan di posisi kedelapan sama seperti tahun lalu. Namun, nilai kumulatifnya naik,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Minggu (19/5/2019).

Yang menggembirakan, menurut Yusuf, posisi Kalsel yang bisa menggeser Kaltim, karena tahun sebelumnya berada di posisi bawah Kaltim. “Dengan nilai kumulatif 47,39, meningkat dibanding tahun lalu hanya 46,60. Bahkan, kita bisa berada di atas Kaltim. Memang, dua tahun berturut-turut nilai kumulatif tertinggi nasional masih dipegang DI Yogyakarta,” tutur Yusuf.

BACA JUGA : Inilah Peraih Nilai UNBK SMA/SMK Tertinggi, Dihadiahi Uang Puluhan Juta

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS ini terus menaikkan kualitas capaian nilai kumulatif provinsi agar bisa menggerek posisi Kalsel secara nasional, setidaknya menembus lima besar.

“Makanya, pihak sekolah harus memberi tambahan pelajaran dan try out sebelum pelaksanaan ujian nasional. Dengan try out yang ada dimaksimalkan, tahun-tahun berikutnya peringkat Kalsel akan naik secara nasional,” ucap Yusuf.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.