Pemprov Kalsel Beri Sinyal Stadion 17 Mei Bisa Dikelola Barito Putera

0

STADION 17 Mei yang sebelumnya dikelola Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel kini beralih tangan ke Pemprov Kalsel. Sekarang mencuat keinginan para pencinta sepakbola agar gelanggang olahraga di Jalan Jafri Zamzam itu dikelola manajemen Barito Putera, karena telah lama menjadi markas atau basecamp klub tersebut.

GAYUNG bersambut, Manajer PS Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman pun menginginkan agar pengelolaan Stadion 17 Mei Banjarmasin bisa mutlak berada di tangan Barito Putera. Anggota DPR RI ini mengatakan sudah 25 tahun, Barito Putera menjadikan stadion itu sebagai wadah laga kandang maupun latihan.

“Nah, kalau pengelolaan Stadion 17 Mei berada di tangan kami, tentu kualitas rumput lapangan bisa terjaga dengan baik,” ucap Hasnuryadi Sulaiman kepada awak media di Banjarmasin, Sabtu (18/5/2019).

BACA : Tunggu DED Rampung, Renovasi Stadion 17 Mei Dikucurkan Dana Rp 13 Miliar

Menurut Hasnur, selama ini, rumput lapangan Stadion 17 Mei terkesan kurang terawat, hingga mencuatnya kekhawatira jika pengelolaan wahana sepakbola itu kurang profesional. Bagi dia, jika Stadion 17 Mei Banjarmasin dikelola Barito Putera, tentu akan menguntungkan tim sendiri, Pemprov Kalsel serta Barito Mania, pendukung Barito Putera.

Mantan Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini menjanjikan jika Barito Putera yang ditunjuk mengelola Stadion 17 Mei Banjarmasin, maka stadion yang dibangun pada 17 Mei 1974 dengan kapasitas 12 penonton itu, bisa dibenahi.

“Barito Putera siap berinvestasi untuk pembenahan Stadion 17 Mei, jika dipercaya untuk mengelolanya. Jika Barito Putera berkandang di Stadion Demang Lehman Martapura, tentu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki penerangan dan aspek lainnya,” ungkap Hasnur.

BACA JUGA : Penuhi Standar Internasional, Renovasi Total Stadion 17 Mei Butuh Dana Rp 25 Miliar

Langkah yang diambil Barito Putera diakui Hasnur meniru keberhasilan Bali United saat mengelola Stadion Kapten I Wayan Dipta, sehingga masuk gelanggang sepakbola kelas wahid di tanah air.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel Hermansyah menyambut baik keinginan manajemen Barito Putera untuk mengelola Stadion 17 Mei Banjarmasin. Hanya saja, Hermansyah memastikan tidak bisa dalam waktu dekat ini, karena saat ini stadion akan segera direvonasi.

“Kami masih fokus untuk perbaikan stadion yang sudah dibuka lelang proyeknya. Apalagi, untuk pengalihan pengelolaan Stadion 17 Mei Banjarmasin tidak mudah, karena harus dirumuskan bersama Pemprov Kalsel, DPRD Kalsel dan Barito Putera sendiri,” tutur Hermansyah.

BACA LAGI : KONI Serahkan Pengelolaan Stadion 17 Mei Banjarmasin kepada Pemprov Kalsel

Mantan Kepala Diskominfo Banjarmasin ini mengatakan karena Stadion 17 Mei Banjarmasin termasuk aset daerah, tentu perlu payung hukum yang harus jadi cantolan, apakah peraturan menteri, peraturan presiden dan peraturan daerah terkait pengelolaan aset daerah.

“Bisa saja nanti Pemprov Kalsel akan menyerahkan pengelolaan Stadion 17 Mei untuk dikelola Barito Putera. Dengan catatan, setelah revonasi rampung. Ini sejalan dengan keinginan Paman Birin (Gubernur Kalsel Sahbirin Noor) yang berharap Barito Putera bisa mengharumkan nama Banua di kancah sepakbola nasional,” bebernya.(jejakrekam)

 

 

 

 

 

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.