ACT

Palangka Raya-Gumas-Katingan Siap Jadi Calon Ibukota Negara

0 405

PRESIDEN Joko Widodo menginjakkan kakinya di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa (7/5/2019) sore.  Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ke Bumi Tambun Bungai, selain disambut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, juga Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Bupati Katingan Sakariyas dan Bupati Gunung Mas (Gumas) Arthon Gohong.

TAMPAK pula Kapolda Kalteng Irjen Pol Anang Revandoko dan Danrem 102/Panju Panjung Kol Arm Saiful Rizal serta sejumlah pejabat lainnya. Kedatangan Jokowi ke Pulau Borneo yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, untuk mengecek langsung kelayakan calon ibukota.

Sementara itu baik Walikota Palangka Raya, Bupati Gumas dan Katingan. Ketiganya mengakui jika pemerintah pusat mempercayai daerah ini menjadi lokasi ibukota, pada dasarnya sudah siap.

BACA : Sambangi Kaltim-Kalteng, Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Calon Ibukota

Untuk Gumas sendiri, Arthon mengatakan Kecamatan Manuhing dan Manuhing Raya, masuk dalam segitiga emas lokasi calon ibukota, dengan luas lahan dapat dipenuhi, jika memang nanti dipecayai pusat.  Ia menjelaskan memang kontur jalan menuju ke tempat ini, ada yang berbukit, tetapi masih bisa dilewati dengan menempuh jalur darat.

Hal senada juga dikemukakan Fairid Naparin. Apabila pemerintah pusat memutuskan Kota Palangka Raya menjadi ibukota, tentu saja Kota Cantik sangat menyambut baik dan akan mempersiapkan segalanya.

BACA JUGA : Ini Syarat Ibukota, Menteri PPN/Kepala Bappenas : Jakarta Tetap Kota Bisnis

Menurut Fairid Naparin, untuk Palangka Raya, Kecamatan Rakumpit  yang nantinya bakal masuk dalam titik lokasi segitiga emas. Tetapi titk tengahnya berada di Gumas. Begitu juga dengan Bupati Katingan Sakariyas, sangat menyambut baik jika salah satu wilayahnya, masuk incaran lokasi yang akan dijadikan calon ibukota. (jejakrekam)

Penulis Tiva
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.