Ditarget 6 Mei, KPU Kabupaten/Kota di Kalsel Rampungkan Rekap Hitung

0

DITARGET paling lambat 6 Mei, seluruh KPU kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan harus menyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan suara secara berjenjang dari kecamatan. Ini sesuai agenda, jika 13 KPU kabupaten dan kota merampungkan rekap hitung, tinggal giliran tingkat provinsi yang akan digelar.

KOMISIONER Divisi Teknis KPU Kalsel Hatmiati Masy’ud mengakui baru KPU Tanah Laut yang telah mengantarkan kotak suara berisi hasil rekapitulasi penghitungan tingkat kabupaten ke KPU Kalsel, Jumat (3/5/2019).

“Yang diserahkan KPU Tanah Laut itu berupa formulir model DB-KPU, DB1-PPWP, DB1-DPR, DB1-DPD, DB1-DPRD Provinsi, DB1-DPRD Kabupaten/Kota dan Model DB2-KPU. Kemudian, ada pula dimasukkan melalui amplop bersegel hingga disimpan kedalam kotak suara,” ucap Hatmiati Masyhud kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Jumat (3/4/2019).

BACA : Penghitungan Suara TPS Rampung, PPK Banjarmasin Siapkan Rapat Pleno

Mantan anggota KPU Hulu Sungai Utara (HSU) ini menargetkan proses rekapitulasi di seluruh kabupaten/kota rampung pada 6 Mei nanti untuk disalurkan ke KPU Kalsel. Sebab, beber dia, dalam sinkronisasi lembaga penyelenggara pemilu di seluruh daerah Kalsel ini bakal digelar pada 7 Mei, hingga diplenokan pada 8 sampai 9 Mei mendatang. “Jika sudah selesai bisa langsung diantar. Sebab, tanggal 6 Mei terakhir,” ujarnya.

Dijelaskan Hatmiati, pada Sabtu (4/5/2019) untuk kabupaten Tanah Bumbu, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tapin dan Kota Banjarbaru berencana menyerahkan hasil rekapitulasi suara di daerahnya masing-masing. “Kemungkinan besok, mereka akan mengantarnya ke KPU Kalsel,” ucap Hatmiati.

BACA JUGA : Waspada Manipulasi Suara, Ketua KPU Kalsel : Jika Ada, Laporkan ke Bawaslu

Sementara itu, Ketua KPU HST Johransyah mengaku pihaknya telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara dalam rapat pleno terbuka di Gedung Murakata Barabai. Selanjutnya, semua dokumen dan formulir hasil rekapitulasi itu akan dibawa ke KPU Kalsel untuk mengikuti rapat pleno tingkat provinsi.

“Dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara memang harus diselesaikan per kecamatan. Alhamdulillah, dari 11 kecamatan yang ada telah kami rampungkan. Walaupun, rapatnya harus berlangsung sejak pagi hingga malam hari,” ucap Johransyah.

BACA LAGI : Potensi Sengketa Pemilu di MK Tinggi, Komisioner Bawaslu se-Kalsel Dibekali

Sebelumnya, Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina pun mengatakan telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten berlangsung di Pendopo Kabupaten HSS, Kandangan. Semua lima perhitungan suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Kalsel dapil 4, dan DPRD Kabupaten HSS telah dirampungkan. “Jadi, tinggal menunggu untuk direkapitulasi tingkat provinsi saja,” imbuhnya.

Sementara itu, KPU Kota Banjarmasin baru akan menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019 pada Sabtu (4/5/2019) ini. Hal ini telah diumumkan Ketua KPU Banjarmasin Gusti Makmur melalui undangannya yang disebar ke para peserta pemilu, dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Banjarmasin berlangsung di Hotel G Sign Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.