Capai 88 Persen, Partisipasi Pemilih di Balangan Tertinggi di Kalsel

0

RAPAT Pleno Terbuka rekap hasil hitung suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten, dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan, Rabu (1/5/2019) hingga Kamis (3/5) dini hari.

AGENDA kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Balangan, serta penyerahan BA, DB dan DB1 dari penyelenggara kepada partai politik.

Pleno sendiri dipimpin Ketua KPU Balangan beserta komisioner, dihadiri Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Bupati Balangan Ansharuddin, Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, Kajari Balangan Tommy Kristanto, Ketua Pengadilan Negeri Balangan, Bawaslu Balangan, Kepala Kesbangpol Balangan, para Camat, PPK serta saksi perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019 Balangan.

BACA : Kodim 1001/Amuntai-Balangan Silaturrahmi dengan Unsur Masyarakat

Sebelumnya, rapat Pleno diawali dengan pembacaan deklarasi merajut tali persaudaraan di Bumi Sanggam oleh seluruh peserta yang hadir.

Ketua KPU Balangan, Saripani mengucapkan syukur, karena rangkaian pemilu di Kabupaten Balangan dari pra hingga pasca pencoblosan berlangsung lancar dan damai. “Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat turut menyukseskan, kepolisian, TNI, Pemda dan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan, dari 90.660 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Balangan, sekitar 88 persen diantaranya menggunakan hak pilih.

“Persentase ini jauh melebihi target yang kita tetapkan, yaitu 80 persen. Ini meningkat cukup pesat, mengingat pada Pemilu 2014 lalu, jumlah pemilik hak suara yang menggunakan hak pilih berada pada angka 79 persen,” ungkap Ketua KPU Balangan, Saripani.

Dengan persentase tersebut, kata dia, maka untuk sementara ini Kabupaten Balangan tertinggi di Kalsel dalam jumlah partisipasi Pemilu.(jejakrekam)

Penulis Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.