Lepas Napak Tilas Tentara ALRI,  Gubernur Minta Perjuangan Hasan Basry Dihayati

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor melepas 125 tim napak tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (29/4/2019) malam.

ORANG nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel ini menilai, kegiatan ini merupakan upaya untuk terus melestarikan dan mewariskan nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

BACA: Paman Birin : Strategi Pembangunan di Banua Harus Berbasis Riset

Selain itu, napak tilas juga momentum untuk menggali, mengahayati, sekaligus upaya menerapkan nilai-nilai perjuangan Brigjend TNI Hasan Basry dalam mempertahankan NKRI. Menurut Paman Birin, sapaan akrabnya, Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan merupakan sejarah bagi Kalsel.

“Melalui proklamasi 17 Mei 1949 yang dibacakan dan ditandatangani Brigjend TNI Hasan Basry atas nama rakyat Kalsel, menyatakan Kalsel sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah NKRI,” ucapnya.

Sementara Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan, Kandangan merupakan kotanya para pejuang yang tanpa pamrih, dan itu harus diwarisi masyarakatnya.

BACA JUGA:: Antisipasi Karhutla, Gubernur Kalsel Terbitkan Surat Edaran

Untuk rute napak tilas meliputi Monomen Proklamasi 17 Mei di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, hingga mengunjungi lokasi bersejarah, seperti rumah rapat Brigjend Hasan Basry di Desa Durian Rabung, Tugu Ni’ih, Buper Kantawan, Kecamatan Loksado, Desa Batu Bini (Mandapai) dan Finish di Kandangan.

Turut hadir dalam melepas napak tilas ini, Danrem 101/ Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismed, Danlanal Banjarmasin, Kolonel (P) Wijayanto.(jejakrekam)

Penulis Fahri (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.