ACT

Hulu Sungai Tengah Teken Komitmen LAPOR

0 251

SELURUH instansi pelayanan publik di lingkungan Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) lakukan penandatanganan komitmen pengelolaan Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Selasa (30/4/2019). Hadir menjadi saksi penandatanganan tersebut kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Noorhalis Majid.

NOORHALIS menegaskan, seluruh instansi pelayanan publik harus terhubung dengan aplikasi LAPOR. Ini adalah sarana agar masyarakat bisa melakukan komplain. Pelayanan publik yang baik, mesti tersedia ruang untuk komplain. Bahkan ciri kota-kota modern, tersedia ruang penyampaian keberatan atas pelayanan publik bagi warganya.

“Komplain tidak menggambarkan buruknya pelayanan, tapi potret tingginya espektasi masyarakat, semakin tinggi espektasi maka jumlah komplain juga akan tinggi,” katanya.

Noorhalis berharap Pemkab HST segera terhubung dan mengadopsi Lapor sebagai sarana pengaduan masyarakat. Laporan yang masuk harus direspon agar pelayanan publik semakin baik.

BACA : Ombudsman Dukung Penandatanganan Komitmen LAPOR

Bupati HST Chairansyah menyatakan Pemkab HST berkomitmen mengelola pengaduan yang disampaikan masyarakat.

Ia juga menyadari bahwa pelayanan harus terus meningkat. “Laporan pasti selalu ada. Apakah kita mampu menjawab ekspektasi masyarakat? Kalau laporan menyangkut penyimpangan pelayanan, maka harus mendapat perhatian agar segera dilakukan perbaikan,” tegasnya.

Ia menyampaikan bahwa secara standar, pelayanan sudah diberikan bila yang standar bermasalah berarti harus diperbaiki. Selanjutnya tinggal meningkatkan pelayanan.

Menyangkut kemajuan teknologi dalam pelayanan publik, sudah merasakannya, misalnya pembayaran gajih, pajak, distribusi, semuanya sudah online. Dengan online maka penyimpangan akan diminimalkan.

“Dengan kita berkomitmen terhubung dengan Lapor, maka diharapkan pelayanan publik semakin baik dan terus tingkatkan,” ujar Chairansyah.

Kepala Dinas Kominfo HST Edina menyampaikan, setelah penandatanganan komitmen, sesi berikutnya dilakukan bimbingan teknis pengelolaan LAPOR oleh Dinas Kominfo Kalsel, yang dihadiri seluruh pejabat penghubung di masing-masingbinstansi pelayanan publik dengan narasumber Hairun.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.