Gempa Bumi 6,9 SR Guncang Banggai Kepulauan

0

GEMPA bumi kembali mengguncang Sulawesi Tengah. Kali ini, gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang beberapa wilayah di Sulawesi Tengah seperti Banggai Kepulauan, Luwuk, dan Morowali. Gempa pertama kali melanda wilayah Banggai Kepulauan pada Jumat (12/4/2019) pukul 18:40 WIB. Gempa berpusat di 85 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan dan berkedalaman 10 kilometer.

KEPALA Humas dan Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bahwa gempa tersebut dirasakan tidak hanya oleh penduduk Kabupaten Banggai Kepulauan. “Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah. Gempa teras kuat di Kab. Luwu Timur sekitar 4 detik. Gempa berpotensi tsunami Kab. Morowali, (belum bisa dikontak),” tulis Sutopo dalam keterangannya kepada media.

Sutopo juga mengimbau kepada pemerintah provinsi, kabupaten, atau kota yang berada dalam status waspada supaya memperhatikan dan mengarahkan masyarakat supaya menjauhi pantai dan sungai.

BACA: ACT – MRI Gelar Aksi Sosial di Desa Kambiyain

Masyarakat yang terdampak gempa, salah satunya yang tinggal di Kota Luwuk, berhamburan memenuhi jalan dalam keadaan panik. Mereka berusaha menyelamatkan diri setelah mendengar kabar air yang mulai naik. Hal ini disampaikan langsung oleh relawan ACT yang berada di Luwuk, Mohamad Iqbal Rasyid.

Di lokasi kejadian, Iqbal melaporkan bahwa kabar tsunami yang beredar belum dapat dipastikan kebenarannya. “Hingga saat ini belum terjadi tsunami. Hanya saja, info yang beredar bahwa di salah satu kecamatan di Kabupaten Banggai Kepulauan sudah terjadi tsunami. Tetapi info itu belum kredibel,” kata Iqbal, Jumat (12/4/2019).

Setelah sebelumnya gempa dinyatakan berpotensi tsunami, BMKG menyatakan peringatan dini tsunami telah berakhir pada pukul 19:47. “Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:6.9, tanggal: 12-Apr-19 18:40:49 WIB, dinyatakan telah berakhir,” tulis BMKG melalui akun Twitternya.

Situs BMKG mencatat bahwa setelah gempa pertama yang terjadi pukul 18:40, gempa susulan mengguncang dengan kekuatan 5,0 SR pada pukul 19:03 WIB dengan pusat gempa terletak 98 km Barat Daya Banggai Kepulauan, serta pada pukul 19:12 WIB dengan kekuatan 5,2 SR dengan pusat gempa terletak 84 km Barat Daya Banggai Kepulauan.(jejakrekam)

Penulis Maulana Malik Ibrahim
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.