Anggarkan Rp 70 Miliar, Kotim Siap Tuan Rumah Porprov Kalteng 2020

0

KABUPATEN Kotawaringin Timur (Kotim) siap untuk ditunjuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah 2022. Kesiapan ini dibuktikan Pemkab dan DPRD Kotim telah mengalokasikan anggaran Rp 70 miliar.

“ALOKASI anggaran tersebut sebagai bentuk dukungan Pak Bupati dan dewan. Insya Allah bertahap sampai dengan pelaksanaan Porprov Kalteng 2012,” kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur, Achyar Umar,  usai menyerahkan berkas kesiapan sebagai tuan rumah ke KONI Kalteng di Palangka Raya, belum lama tadi.

Ia mengatakan dukungan dari tokoh masyarakat setempat juga diberikan kepada KONI Kotim agar mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah olahraga multi even empat tahun sekali ini tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA : Selama Porprov Kalteng Berlangsung, Kota Muara Teweh Dipastikan Padat

Tak hanya kesiapan anggaran, Achyar Umar mengatakan semua fasilitas olahraga, hampir semua sudah tersedia. Hanya cabang olahraga renang saja yang terpenuhi, namun pada 2020 semua akan dibangun baru, jika ditunjuk jadi tuan rumah.

Sebanyak 28 cabang olahraga (cabor) nantinya akan digelar di kabupaten ini. Jumlah ini lebih banyak dari penyelenggaraan Porprov 2018 di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara yang berjumlah 24 cabor. Pasalnya, ada tambahan empat cabor, yakni aerosport, balap sepeda, sepatu roda dan kempo.

BACA JUGA : Ambapers Bidik Pengelolaan Alur di Pelabuhan Sampit

“Kami berharap Kotim dapat dipercaya sebagai tempat pelaksanaan. Apalagi, sudah ada kesiapan dari pemerintah daerah baik alokasi anggaran dan kesiapan fasilitas, hanya Kotim yang sangat siap,” tegasnya.

Menurut Achyar, jika nanti menjadi tuan rumah Porprov Kalteng 2021, Kota Sampit sebagai ibukota Kabupaten Kotim telah menyiapkan sekitar 60 penginapan yang terdaftar di luar home stay dan rumah penduduk.(jejakrekam)

 

 

Penulis Tiva
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.