Kondisi Gang Swadaya Tani Sempit Sulit Ditembus Armada BPK

0

KONDISI Gang Swadaya Tani RT 10, Kelurahan Alalak Selatan yang mengalami musibah kebakaran pada Minggu (7/4/2019) malam, sekitar pukul 21.30 Wita, menjadi catatan bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin.

INI dikarenakan kondisi Gang Swadaya Tani yang menghubungkan Jalan Alalak Selatan dengan Jalan HKSN itu, kondisinya sempit. Hingga, armada pemadam kebakaran tidak bisa memasuki kawasan itu, terpaksa harus mengangkut alat pompa untuk memadamkan api.

Untungnya, sungai kecil yang ada di samping Jalan Gang Swadaya Tani ini sangat membantu dalam upaya pemadaman api. Tercatat, ada tiga rumah yang hangus terbakar yakni miliki keluarga Miah, Romi dan Hakim yang diduga awal api berasal. Sedangkan, dua raumah lainnya milik Ilmi dah Johan hanya mengalami kerusakan sekitar 60 persen.

BACA : Api Berkobar di Gang Swadaya Tani Alalak Selatan, 3 Rumah Dikabarkan Terbakar

Ada beberapa barang berharga yang terbakar seperti sepeda motor dan barang elektronik. Ini lantaran, armada BPK tak bisa masuk ke lokasi, hanya berjalan kaki, sepeda motor atau menggunakan kendaraan roda tiga seperti Tossa.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin HM Hilmi mengakui penyebab api dari rumah kosong yang ditinggalkan Hakim berprofesi sebagai pengendara ojek online. “Belum bisa diketahui, apakah korsleting listrik atau gara-gara kompor meledak,” kata Hilmi.

BACA JUGA : Buka Dapur Umum di Kelayan Luar, Banjarmasin Butuh Banyak Hydrant Kebakaran

Dia mengatakan belum menghitung atau memperkirakan kerugian yang ditanggung para korban kebakaran di Gang Swadaya Tani Kelurahan Alalak Selatan. Sementara, garis polisi dipasang untuk proses penyelidikan yang dilakukan Polsek Banjarmasin Utara dibackup Polresta Banjarmasin.

“Kami mengimbau agar sebelum meninggalkan rumah, saluran listrik supaya dipastikan aman. Begitupula, kompor apakah sudah dimatikan atau belum. Sebab, kelalaian sedikit saja bisa mengakibatkan musibah yang besar,” tandas Hilmi.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.