Diawali Tarian Putri Bulan, Peringatan Harjad Balangan ke-16 Meriah

0

TARIAN Putri Bulan yang diperagakan para pelajar di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-16 di halaman Kantor Bupati Balangan, Paringin, Senin (8/4/2019) pagi.

ATRAKSI drum band Satpol PP Balangan dan penampilan perda lagu Pesona Balangan menandai kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini menatap diri ke depan.

Dihadiri Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie dan para bupati tetangga Kabupaten Balangan, ratusan undangan dan masyarakat umum yang mengikuti prosesi peringatan Harjad Balangan ke-16 berlangsung meriah dan khidmat.

Banyak capaian pembangunan yang telah diraih Pemkab Balangan di bawah kepemimpinan Bupati Ansaruddin. Hal ini juga dipuji Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat sambutannya dibacakan Sekdaprov Abdul Haris Makkie.

BACA : Dinas Pariwisata Ciptakan Lagu Pesona Balangan

Bupati Balangan Ansharuddin pun mengatakan pembangunan daerah yang sudah berlangsung 16 tahun belakangan ini telah bisa dinikmati masyarakat. “Kami ingin mewujudkan Kabupaten Balangan yang maju dan sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM),” ucapnya.

Ansharuddin menjelaskan khusus capaian dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, tahun tahun ketiga pada 2018 sudah tercapai 81.47 persen dengan predikat tinggi.

“Sektor perdagangan terhadap PDRB 5.40 persen atau tercapai sebesar 84.83 persen dari target RPJMD. Sedangkan, pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) telah mencapai 118,87 persen dan tingkat ketersediaan pangan 99,81 persen,” bebernya.

Bahkan, Ketua DPD Partai Golkar HSU ini mengungkapkan dari kedua capaian itu mencatat rata-rata kinerja pada 79.12 persen dan masuk predikat tinggi.

BACA JUGA : Curah Hujan Tinggi, Beberapa Kecamatan di Balangan Terdampak Banjir

Ia mengungkapkan pada misi ini rata-rata capaian masuk predikat tinggi, kecuali persentase infrastruktur telekomunikasi yang dapat diakses desa terpencil yang capaiannya baru 55.00 persen dari target 50.00 persen wilayah Kabupaten Balangan.

“Sedangkan pencapaian untuk misi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan, dengan tujuan meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.