Rekam Data Kependudukan Warga Binaan di Lapas Klas IIA Perempuan Martapura

0

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar melakukan perekaman KTP elektronik di Lapas Klas IIA Perempuan Martapura. Perekaman ini dilakukan agar warga binaan di Lapas perempuan ini dapat menggunakan hak pilihnya dengan berdasarkan e-KTP yang mereka miliki.

KEPALA Disdukcapil Banjar Azwar mengatakan, perekaman dilakukan terhadap warga binaan untuk menindaklanjuti kebutuhan KPU agar mereka tersebut bisa menjadi pemilih pada Pemilu 2019.

“Ada 417 warga binaan di lapas perempuan ini yang harus dibuatkan e-KTP. Seharusnya bisa selesai satu hari, tetapi karena hari sebelumnya ada gangguan server, maka dilanjutkan hari ini hingga selesai,” bebernya.

Azwar menjelaskan, dari jumlah tersebut hanya 22 orang warga Kabupaten Banjar dan selebihnya dari kabupaten dan kota lainnya di Kalsel. “Hari ini tersisa 184 warga binaan yang akan melakukan perekaman dan akan selesai,” kata Azwar, Jumat (5/4/2019).

Komisioner Bawaslu Banjar Hairul Falah mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan perekaman e-KTP hingga ke lapas untuk memastikan semuanya sesuai aturan. Sebab, menurutnya, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) memberi kesempatan bagi pemilih untuk menggunakan surat keterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP.

“Suket yang dimaksud adalah surat keterangan yang menunjukan pemilih telah melakukan perekaman e-KTP, namun e -KTP belum tercetak,” jelasnya.

Hairul Falah mengungkapkan, penggunaan e-KTP dilakukan agar seluruh warga negara yang punya hak pilih dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019. Apalagi ketentuan tersebut juga telah ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

“Dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara juga sudah diatur mengenai suket sebagai pengganti e-KTP,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.