Dua Satlinmas Jaga Satu TPS, Polisi Kawal Pengamanan Pemungutan Suara

0

DUA petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) akan diterjunkan untuk menjaga satu tempat pemungutan suara (TPS). Jika di Banjarmasin terdapat 1.879 titik, maka total 3.758 personel Satlinmas akan bertugas pada saat hari pemungutan suara, Rabu 17 April 2019 nanti.

HAL ini diungkapkan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam kegiatan pembekalan anggota Satlinmas dan petugas ketertiban TPS Pemilu 2019 di Balai Kota, Selasa (2/4/2019).

Dengan menerjunkan petugas Satlinmas yang menjaga tiap TPS di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina berharap tidak ada kerawanan yang terjadi saat hari pemungutan hingga perhitungan suara pada Rabu (17/4/2019) nanti.

BACA : Bantu Polri-TNI, GP Ansor Kalsel Kerahkan Kader untuk Jaga TPS

“Kami juga berharap agar warga Banjarmasin tidak golput. Mereka menggunakan hak pilihnya secara demokratis, karena merupakan hak tertinggi bagi setiap warga untuk menentukan pilihannya dalam pemilu,” tutur Ibnu Sina.

Apalagi, beber dia, dalam Pemilu 2019 terdapat dua agenda besar yakni pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden-wakil presiden, sehingga berjalan demokratis, aman dan lancar.

“Nah, jika terjadi kerawanan di TPS, tentu akan menurunkan angka partisipasi pemilih. Dengan hadirnya, dua petugas Satlinmas di masing-masing TPS, bisa menjamin pemilu berjalan dengan aman dan lancar. Warga harus memilih tanpa ada tekanan dan intimidasi serta jauh dari politik uang,” imbuh Ibnu Sina.

BACA JUGA : Tambah 24 TPS Khusus, Pemilih yang Masuk ke Kalsel Capai 20.649 Orang

Sementara itu, dalam arahannya, Kepala Unit Bimtibmas Satuan  Bimnas Polresta Banjarmasin Iptu Mohammad Irkamni mengaku telah menyampaikan apa saja yang menjadi tugas personel Satlinmas untuk menjaga setiap TPS.

“Jadi, petugas Satlinmas harus tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di TPS, selama pemungutan suara hingga penghitungan suara berlangsung, sampai mengantar kotak surat suara ke kecamatan,” papar Irkamni.

Ia menegaskan petugas Satlinmas pun tak perlu takut dalam bertugas, karena di setiap TPS akan dikawal anggota kepolisian. Sebab, menurut Irkamni, ada dua personel polisi yang ditugaskan untuk menjaga lima TPS, sehingga koordinasi dengan petugas Satlinmas sangat dibutuhkan di lapangan.

“Makanya, kita harus menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh, kalau Pemilu 2019 ini sukses tentu menjadi sebuah kebanggaan kita,” tegas Irkamni.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.