ACT

Pengamanan Kampanye Jokowi di Banjarmasin Berstandar Presiden

0 505

GELAR pengamanan kampanye calon petahana, Presiden Joko Widodo di Stadion 17 Mei Banjarmasin, dilakukan petugas gabungan Korem 101/Antasari dan Polda Kalimantan Selatan. Status Jokowi yang merupakan orang nomor satu di negeri ini dipastikan keamanannya selama berada di Kalsel, khususnya Banjarmasin.

SESUAI agenda kampanye yang disusun Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Kalsel, calon presiden nomor urut 01 ini rencananya akan singgah di dua tempat, yakni Taher Square, Jalan Piere Tendean dan Stadion 17 Mei di Jalan Jafri Zamzam, Banjarmasin, Rabu (26/3/2019) besok.

Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Moch Syech Ismed mengatakan gladi atau gelar pasukan untuk memastikan kesiapan pengamanan dalam mengawal kampanye capres 01, Jokowi yang juga Presiden RI. Bahkan, terlihat di lapangan, tim pendahulu dari Paspampres sudah tiba dan mengecek kesiapan pengamanan Jokowi selama berada di Banjarmasin.

BACA : Kampanye Jokowi Diprediksi Dihadiri Ribuan Massa dan Biker

“Untuk pengamanan ini disiapkan sekitar 2.000 personel dari TNI AD dan TNI AU, kepolisian dan Satpol PP yang diturunkan pemerintah daerah dan lainnya,” kata perwira menengah tinggi Mabes TNI ini kepada awak media di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Selasa (26/3/2019).

Ia menegaskan pengamanan kedatangan serta kegiatan Jokowi selama di Kalsel, khususnya di Banjarmasin menggunakan standar presiden. Rencananya, Jokowi di hadapan ribuan massa pendukungnya akan berkampanye dimulai pukul 14.00 Wita. Hiburan pun didatangkan artis ibukota seperti Inul Daratista, Band Radja, Republik, Veve Zulvikar dan Selfi Nafilah KDI.

Sementara itu, Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto mengatakan tidak ada pengamanan secara khusus usai datangnya Jokowi ke Kalsel. Namun, menurut Muji, tergantung situasional di lapangan, jika nanti banyak masyarakat yang bergerak dari satu titik, maka akan diberlakukan arus lalu lintas buka tutup.

“Jika betul-betul padat, tentu kita akan lakukan kolap 31. Tetapi andaikata tidak, maka hanya dilakukan pengaturan saja,” ucap Muji.

BACA JUGA : Rabu, Jokowi Kampanye Terbuka di Kawasan Stadion 17 Mei Banjarmasin

Apalagi saat ini, diungkapkan Muji sudah menyiapkan rute pengamanan, termasuk dari Stadion 17 Mei Banjarmasin menuju ke Taher Square. “Makanya, kami mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas dengan menggunakan helm. jangan boncengan tiga. Jangan pula ngebut agar berangkat dan kembali selamat,” pungkasnya.

Sementara itu, beberapa relawan TKD 01 dan jaringan relawan pun telah membagi-bagikan baju kaos kepada para pendukung dan masyarakat yang akan mengikuti kampanye akbar Capres Jokowi di Stadion 17 Mei Banjarmasin. Bahkan, spanduk dan baliho telah bertebaran di rute-rute jalan dari arah Bandara Syamsudin Noor menuju ke Banjarmasin. Terlihat di kawasan Gambut, hingga masuk ruas kota, marak dengan atribut parpol pengusung serta baliho pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf Amin.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.