ACT

Jokowi Direncanakan Disambut 7.500 Biker, Bawaslu : Dilarang Konvoi

0 482

KEDATANGAN capres nomor urut 01, Joko Widodo untuk mengikuti kampanye akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu (27/3/2019) besok dimulai pukul 14.00 Wita, tak hanya disambut koalisi lintas parpol dan relawan dari Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin, juga komunitas biker.

ADA sekitar 7.500 dari 630 klub motor dari motor gede (moge) hingga klasik akan mendampingi Jokowi saat tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru hingga menuju lokasi kampanye di Stadion 17 Mei Banjarmasin di Jalan Jafri Zamzam.

Komisioner Bawaslu Kalsel Azhar Ridhanie pun mengingatkan agar tak ada konvoi dalam kampanye terbuka calon petahana itu di Kalsel, baik dari kedatangan di Bandara Syamsudin Noor hingga ke lokasi rapat umum di Stadion 17 Mei.

BACA : Kampanye Jokowi Diprediksi Dihadiri Ribuan Massa dan Biker

“Kami sudah menyampaikan peringatan kepada TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Kalsel agar tidak melanggar kampanye. Ada banyak larangan selama menggelar kampanye rapat umum,” ucap Azhar Ridhanie kepada wartawan di Kantor Bawaslu Kalsel, Banjarmasin, Selasa (26/3/2019).

Mantan Ketua HMI Kalsel ini mengingatkan agar TKD 01 tidak melibatkan anak dibawah umur,tidak menggunakan bahan kampanye milik kandidat lain, tidak mempolitisasi SARA, fitnah, dan provokasi.

“Termasuk tidak melakukan kegiatan konvoi kendaraan bermotor yang dapat mengganggu ketertiban umum,” tegas Aldo, sapaan akrabnya.

BACA JUGA : Pengamanan Kampanye Jokowi di Banjarmasin Berstandar Presiden

Ia menegaskan apa yang dilakukan Bawaslu Kalsel untuk tindakan preventif, karena konvoi para relawan dan pendukung, termasuk para biker bisa memicu kemacetan dan gangguan terhadap arus lalu lintas.

“Yang pasti, semua jaringan badan pengawasan dari Bawaslu Kalsel, Bawaslu Kota Banjarmasin, Panwascam hingga kelurahan akan diturunkan mengawasi jalannya kampanye akbar Jokowi di Kalsel,” cetus Aldo.

Ia mengatakan telah membagi petugas pengawas yang standby di titik-titik kampanye, terutama di dua tempat yang jadi konsentrasi kegiatan massa seperti di Stadion 17 Mei dan Taher Square di Banjarmasin. Termasuk, beberapa tempat seperti masjid dan lainnya yang jadi tempat persinggahan rombongan Jokowi.

“Jadi, semua tempat akan dipantau. Kami minta semua petugas pengawas untuk merekam setiap peristiwa selama kampanye berlangsung,” ucapnya.

BACA LAGI : Rabu, Jokowi Kampanye Terbuka di Kawasan Stadion 17 Mei Banjarmasin

Lantas bagaimana dengan keikutsertaan komunitas biker yang disebut-sebut mencapai 7.500 rider untuk menyambut kedatangan Jokowi dari Bandara Syamsudin Noor hingga ke Stadion 17 Mei Banjarmasin?

“Nah, soal pergerakan itu, kami belum mengetahui. Yang pasti, selama proses kampanye, harus taat asas dan aturan seperti yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan berlaku,” tandas Aldo.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.