Si Jago Merah Mengamuk di Gang Baru, Dikabarkan Belasan Rumah Hangus

0

KEBAKARAN yang melanda kawasan padat penduduk di Gang Baru Jalur 1 dan II RT 26, Jalan Veteran, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur, Sabtu (23/3/2019) malam, sekitar pukul 21.00 Wita, benar-benar mengejutkan warga. Apalagi, tak lama turun hujan lebat dan suasana pun gelap gulita, karena listrik tiba-tiba dipadamkan PLN.

INFORMASI yang dihimpun jejakrekam.com, sedikitnya ada 9 rumah terbakar. Untuk jalur II terdata ada enam rumah. Sedangkan di jalur I, tercatat ada tiga rumah. Asal muasal api dari beberapa relawan pemadam kebakaran dan warga setempat, diduga berasal dari rumah Supardi. Bahkan, rumah Ketua RT 26 atas nama Abdul Rauf juga habis terbakar.

Api makin membesar akibat tiupan angin kencang. Untungnya, para pemadam kebakaran bisa memanfaatkan air Sungai Veteran, sehingga api cepat bisa dikepung dan dijinakkan.

BACA : Kebakaran Hebat Landa Dua RT di Gang Sederhana Kelayan Luar

Sementara itu, keterangan dari warga Gang Baru, Ahmad mengungkapkan sedikitnya untuk hitungan sementara ada 11 rumah terbakar. Di jalur I, ada lima rumah dan jalur II, terdapat delapan rumah yang terbakar.

“Ini perkiraan sementara, karena suasana dalam gang ini gelap gulita. Namun, pada awalnya kebakaran, kami mendengar seperti ada ledakan dari tabung gas yang pecah. Kami hanya menduga awal api dari meledaknya tabung gas,” ucap Ahmad kepada jejakrekam.com, Sabtu (23/3/2019) malam.

Dia pun bersyukur rumah ibunya tidak ikut terbakar, karena ratusan pemadam kebakaran mengepung dari segala arah di pemukiman padat penduduk itu. Apalagi, jalur yang berdekatan dengan Gang Baru, juga ditempati para relawan pemadam kebakaran untuk mengepung api agar tak menyambar ke sana ke mari.

BACA JUGA : Selama Januari, 11 Kali Kebakaran, Menurun di Februari Hanya Tiga Kejadian

Begitu pula, Jabal relawan PMK Putra Daha mengungkapkan api sangat besar, dan seperti bergoyang dan menyabar semua rumah yang berada dalam radius amukan si jago merah. “Kami pun terpaksa menyemprot api dengan air bercampur lumpur. Ya, untungnya, kondisi air Sungai Veteran pasang. Ini ditambah lagi, hujan cukup deras mengguyur, sehingga api cepat dipadamkan,” ucap Jabal.

Hingga pukul 23.00 Wita, warga yang menjadi korban kebakaran pun berdatangan ke lokasi, dalam penerangan seadanya. Beberapa warga pun tampak sedikit shock, melihat rumah hangus terbakar di bawah kegelapan malam.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor DIdi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.