Kebakaran Hebat Landa Dua RT di Gang Sederhana Kelayan Luar

0 591

KEBAKARAN hebat terjadi di Jalan Kelayan A Gang Sederhana RT 05 dan RT 02, Kelurahan Kelayan Luar, pada Selasa (19/3/2019) sekitar pukul 09.30 Wita. Kebakaran yang melanda dua RT di permukiman padat ini, menghanguskan puluhan rumah warga.

ASAP api pun menghitam dan membumbung tinggi dari radius yang cukup jauh, hingga memicu kepanikan warga sekitar kebakaran. Apalagi, api menyambar rumah yang berdekatan dan padat penduduk itu.

Ketua 05 Kelurahan Kelayan Luar, Sarbani mengungkapkan api tiba-tiba saja muncul dari atap rumah warga bernama Didi. Saat itu, warga tak bisa berbuat banyak karena api terlalu membesar, sehingga tak bisa disiram dengan peralatan sederhana, seperti ember dan lainnya.

BACA : Selama Januari, 11 Kali Kebakaran, Menurun di Februari Hanya Tiga Kejadian

“Untungnya, BPK cepat datang dan membantu, jadi api cepat dipadamkan. Dari lingkungan RT saya, lebih dari 10 rumah terbakar, karena api awalnya berasal dari RT sebelah RT 02 Kelurahan Kelayan Luar,” ucap Sarbani kepada awak media di lapangan, Selasa (19/3/2019).

Saksi mata di tempat kejadian perkara, Diana mengungkapkan saat terjadi musibah kebakaran ini, datangnya begitu tiba-tiba. Waktu itu, Diana mengaku tengah memandikan sang cucu, sehingga langsung berlari menyelamatkan diri dan cucunya, karena api makin membesar. “Saya bawa lari saja cucu ke luar Gang Sederhana,” ucapnya.

BACA JUGA : Pemadam Kebakaran Sempat Ricuh dengan Sekuriti, Api Diduga Berasal dari Batubara Sauna

Sementara itu, relawan Tagana Provinsi Kalsel Didin mengungkapkan saat ini masih dalam pendataan berapa rumah dan kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran. Apalagi, menurut Didin, hampir seluruh rumah yang ada dalam gang itu berbahan kayu, sehingga sangat mudah terbakar dan api pun membesar.

“Kesulitan dalam memadamkan api karena sumber air yang terbatas, ditambah sempitnya akses masuk ke lokasi kebakaran,” ucap Didin.

Imam, relawan Rescue 911 Banjarmasin menambahkan dari data sementara, ada dua sepeda motor milik warga yang terbakar. Hingga kini, belum didapat data pasti kebakaran yang melanda dua RT ini, namun diperkirkan ada puluhan rumah yang terbakar.

“Alhamdulillah, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, karena api cukup cepat dikuasai para pemadam kebakaran, sehingga tidak meluas lagi,” tandas Imam.(jejakrekam)

 

Penulis Balsyi/Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.